Pencanangan Hari kesatuan Gerak PKK KB-Kes, Harganas Tingkat Kabupaten Solok dan Peresmian Kampung K

By Kabupaten Solok 17 Okt 2018, 12:25:52 WIBPemerintahan

Pencanangan Hari kesatuan Gerak PKK KB-Kes, Harganas Tingkat Kabupaten Solok dan Peresmian Kampung K

Keterangan Gambar : Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM saat membuka kegiatan


Arosuka-Kominfo. Pencanangan Hari Kesatuan Gerak PKK KB-Kesehatan (KB-Kes) Tingkat Kabupaten Solok Tahun 2018, Harganas dan Peresmian Kampung KB, dilaksanakan di Lapangan Kampus UMMY Koto Baru Kecamatan Kubung, Senin (15/10). Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Solok Hj, Desnadefi Gusmal, SH. Turut hadir pada acara Forkompimda Kabupaten Solok, Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Kepala SKPD beserta Camat di Lingkup Pemerintah Kabupaten Solok, Ketua Dharmawanita Kabupaten Solok, Ketua GOW Kabupaten Solok, para Walinagari dan Tokoh Masyarakat di Kabupaten Solok.

Zulfahmi SH, MM dalam laporannya menyampaikan, kegiatan pencanangan ini bertujuan untuk mengetahui dan menyatukan pemahaman tentang peranan lembaga terkait pengelolaan kegiatan kesatuan gerak PKK KB-Kesehatan di Sumatera Barat Tahun 2018. Selain itu Zulfahmi menyampaikan, kegiatan HKG PKK KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Solok berlangsung selama enam bulan dari bulan Juli sampai dengan Desember 2018. Tak lupa Zulfahmi menyampaikan kegiatan ini juga melibatkan peran serta pemerintah, mitra kerja dan swasta tentang penerapan fungsi keluarga menuju masyarakat hidup sehat.

“Tema Hari Kesatuan Gerak  PKK KB- Kesehatan Tahun  2018 dan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) kali ini adalah Kita Gerakkan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat Menuju Indonesia Sejahtera. Selama kegiatan berlangsung, akan ada monitoring dan penilaian di berjenjang mulai dari tingkat nagari, tingkat kecamatan sampai pada tingkat kabupaten. Untuk target Tahun 2018 ini cukup menjadi terbaik 1 di Tingkat Propinsi Sumatera Barat," demikian ujar Zulfahmi dalam laporannya.

Di akhir laporannya, Zulfahmi menambahkan, sampai dengan tahun 2018 ini dari 32 Kampung KB yang ada, sudah diresmikan sebanyak 26 Kampung KB. Untuk Kader, dari total 1209 orang kader, sudah diserahkan seragam kader kepada 290 orang.

Ketua TP. PKK Kabupaten Solok Desnadefi, SH menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Bupati Solok serta jajarannya yang telah berkenan hadir dan mendukung kegiatan pencanangan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan, Harganas dan Peresmian Kampung KB se kabupaten Solok.

“Kesatuan gerak PKK KB-Kesehatan telah dilaksanakan sejak tahun 1994 yang lalu. Kegiatan ini dilaksanakan seluruh kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Jika pada tahun sebelumnya kita melaksanakan kesatuan gerak PKK KB kesehatan selama 3 bulan yaitu dari bulan Oktober sampai dengan bulan Desember, maka ada perbedaan dengan tahun 2018 ini.  Pelaksanaannya dilakukan selama 6 bulan yaitu dari bulan Juli sampai dengan Desember 2018.” Demikian pungkas Ketua TP. PKK Kabupaten Solok.

Desnadefi menegaskan, untuk tahun ini target penilaiannya adalah dua nagari yang berada dalam satu kecamatan, dan juga salah satunya terdapat kampung KB dalam kecamatan yang sama, dengan kondisi sudah menggunakan jamban 100 %. Hal ini merupakan pekerjaan bersama baik PKK, SKPD, maupun stakeholder terkait, agar apa yang menjadi target Kabupaten di tingkat propinsi maupun nasional dapat tercapai.

Budi Mulya selaku perwakilan BKKBN Propinsi Sumatera Barat mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Solok, yang telah menjalankan komitmen dan kepedulian terhadap program kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. Budi menambahkan, Pemerintah Propinsi Sumatera Barat beserta Pemerintah Kabupaten Solok, telah berhasil meningkatkan capaian program KB baik di Puskesmas, Pustu, Posyandu dan penerapan KB di daerah terpencil. BKKBN telah mengembangkan Program Bina Keluarga Balita Holistik Integratif (BKBHI), Orangtua Hebat, Bina Keluarga Remaja, Program Generasi Berencana (GenRe) yang dikembangkan melalui Pusat Informasi Konseling (PIK) di sekolah, kampus dan masyarakat, Program Bina Keluarga Lansia (BKL) dan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Diakhir sambutannya, Budi menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan menjalankan program KB dengan baik dan sesuai harapan.

Pada kesempatan yang sama Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM menyampaikan dukungan penuhnya terhadap program PKK KB-Kesehatan ini. Sebagai bentuk dukungannya adalah dengan adanya peningkatan komitmen stakeholter dan mitra kerja, untuk memberikan dukungan dalam operasionalisasi Program Penduduk Keluarga Berencana dan Pembangun Keluarga ( PPKBPK). Selain itu juga meningkatkan sosialisasi, penyuluhan, penggerakan dan konseling tentang Program PKBPK yang dilakukan oleh pengelola program, serta mitra kerja yang kompeten. Tak lupa juga dengan memberikan dukungan, dan memfasilitasi mitra kerja dalam rangka penggerakan program PKBPK ini.(admin)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali
  sangat bagus sekali

Komentar Terakhir

  • watch motogp

    its very good ...

    View Article
  • fauzul

    Program yang sngat bagus dari Pemda Kab solok.... MOTIVASI juga Kami yang di daerah ...

    View Article
  • Pakaian adat Sumatera Selatan

    https://harianriez.com/pakaian-adat-sumatera-selatan/ g ood ...

    View Article
  • Pakaian adat Sumatera Selatan

    Pakaian adat Sumatera Selatan dan seluruh aspek keunikan yang dimiliki, menjadikan kota ...

    View Article