Penyuluhan Kesehatan dan Cuci Tangan Serentak Seluruh Indonesia

By admin 26 Mar 2017, 11:20:37 WIBKesehatan

Penyuluhan Kesehatan dan Cuci Tangan Serentak Seluruh Indonesia

Keterangan Gambar : Bupati Solok H.Gusmal, SE. MM Bersalaman


Arosuka, Penyuluhan kesehatan dan cuci tangan bersama serentak seluruh Indonesia dilaksanakan dalam rangka hari ulang tahun ke 43 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) tahun 2017, kegiatan ini bertemakan “Gerakan Perawat Mendukung Masyarakat Sehat”, dilaksanakan di RSUD Arosuka Jum’at (17/3), turut hadir Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM, Ketua TP PKK Kab Solok Ny. Desnadevi Gusmal, SH, Ka Dinas Kesehatan Kab Solok dr. Sri Efianti, Dirut RSUD Arosuka dr Maryeti Marwazi, Mars, Plt Kepala Dinas Kominfo Muliadi Marcos, SE. MM,  Kepala Dinas Pertanian Ir. H. Admaizon, Kepala Dinas Pendidikan Drs. Syahrul Efendi, MM.

Dalam laporannya direktur RSUD Arosuka dr Maryeti Marwazi, Mars mengatakan,” Acara ini dihadiri oleh sekitar 400 orang yang terdiri dari masyarakat rumah sakit (pasien dan keluarga), perwakilan OPD, murid sekolah SMP dan SMA, karyawan dan karyawati RSUD Arosuka dan masyarakat umum.

Kegiatan yang dilakukan pertama demo Hand Hygiene serentak di seluruh Indonesia, dan Pemeriksaan IVA, kegiatan hand hygiene masal ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan budaya melakukan hand hygiene yang benar yang bermanfaat untuk mencegah dan mengendalikan kejadian infeksi dan untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit khususnya kata dr Maryeti Marwazi, Mars

Pelaksanaan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam) bertujuan untuk mendeteksi secara dini kanker mulut rahim, dapat kami sampaikan bahwa disetiap RS mempunyai komite PPI yang punya perawat IPCN purna waktu dimana mereka merupakan garda terdepan atau motor yang telah diberi wewenang oleh pimpinan dalam rangka mencegah infeksi di rumah sakit karena rumah sakit merupakan infeksi terbesar kalau tidak dikendalikan maka akan menjadi penularan terang dr Maryeti Marwazi, Mars Direktur RSUD Arosuka.

Ketua PPNI Kabupaten Solok Zulhendri S.K.M,  M.Kes menyampaikan bahwa,”Perilaku hidup yang tidak sehat dan masalah sanitasi lingkungan merupakan masalah yang dapat di tindak lanjuti dengan meningkatkan upaya prefentif dan promotif, program gerakan masyarakat sehat (GERMAS) merupakan salah satu upaya pembangunan  kesehatan pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa yang perlu kita dukung bersama, gerakan masyarakat sehat merupakan momen untuk meningkatkan keterlibatan perawat dalam upaya meingkatkan kesehatan oleh pemerintah untuk masyarakat, saat ini yang difokuskan oleh pemerintah adalah melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, meningkatkan konsumsi buah dan sayur, serta pemeriksaan kesehatan rutin setiap 6 bulan sekali “.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok dr. Sri Efianti dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan cuci tangan pakai sabun, tes ifa, merupakan kegiatan PKK baik pusat sampai ke daerah dan juga termasuk  Kabupaten Solok  yang dilaksanakan pada hari ini , untuk pokja 4 kegiatan lombanya adalah tes ifa untuk tingkat pusat, sementara tahun kemarin kita juara 1 tingkat provinsi pemanfaatan toga. Jadi tahun ini kita kejar target untuk tes ifa sebanyak 3111 pelaksanaan tes ifa.

Tes ini di lakukan untuk usia 30-50 tahun bagi wanita yang sudah menikah diharapkan untuk melalukan tes ifa bagi PNS wanita dan istri PNS, dilingkup Kabupaten Solok bagi ibuk-ibuk yang sudah melakukan tes ini, telah terjangkit 36 orang positif kanker servik ungkap dr. Sri Efianti.

Sementara itu Ketua TP PKK kab solok  Ny. Desnadevi Gusmal, SH dalm sambutannya berharap mutu layanan keperawatan harus berbeda dari perawat sebelumnya karena perawat sekarang pendidikannya minimal S1. PPNI telah menggalang kegiatan biasakan cuci tangan demi kesehatan masyarakat, kegiatan cuci tangan lebih dulu dilaksanakan sebelum kegiatan pelayanan di rumah sakit, karena dirumah sakitlah yang paling penting melaksanakan kegiatan cuci tangan.

Bupati Solok H. Gusmal, SE. MM dalam sambutannya juga meyampaikan harapannya,” melalui peringatan hut PPNI ke 43 kali ini dapat meningkatkan komitmen dan kesepahaman para pelaksana di bidang kesehatan untuk bersama-sama aktif dalam mengatasi masalah kesehatan guna mencapai tujuan percepatan pembangunan kesehatan yaitu tercapainya masyarakat yang sehat, diusia yang matang ini, tertumpang harapan sekaligus tuntutan kepada saudara untuk bisa lebih profesional, bertanggung jawab, dan mampu mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Abdi Masyarakat”.

Hari ini kita mengadakan kegiatan deteksi dini kanker serviks dengan metode pemeriksaan Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat (IVA), pengetahuan tentang penyakit kanker dan gejala dini dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker sehingga penyakit kanker bukan lagi hal yang perlu ditakuti karena ditemukan lebih awal akan meningkatkan kualitas hidup dari penderita kata Bupati Solok.

Lebih lanjut Bupati Solok menyampaikan bahwa,”Kegiatan ini mempunyai manfaat yang sangat besar bagi masyarakat sehingga menyelamatkan wanita yang ada di Kabupaten Solok dari penyakit kanker, diharapkan kepada seluruh unsur yang terlibat baik dari pemerintah nagari, jorong, terutama PKK kecamatan/nagari untuk ikut dalam menggerakan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas terdekat dan melalui kegiatan ini diharapkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terutama dalam mengendalikan faktor resiko kanker dan deteksi dini sehingga diharapkan angka kesakitan, kematian akibat kanker dapat ditekan. (kominfo/humas)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 5 Komentar untuk Berita Ini

  1. online essay writing service 20 Apr 2017, 14:00:10 WIB

    I really like this website because it gave me a lot of ideas.I like this site and will always come back to get more news.Writing is an expression of passion in one’s heart. Your site is a great resource and I’ve often suggested it to my friends.
    Thank you for sharing the news.

    puasa asyura 05 Sep 2017, 17:30:44 WIB

    Dalam laporannya direktur RSUD Arosuka dr Maryeti Marwazi, Mars menyebutkan, ” Acara ini di hadiri oleh sekitaran 400 orang yang terbagi dalam orang-orang rumah sakit (pasien serta keluarga), perwakilan OPD, murid sekolah SMP serta SMA, karyawan serta karyawati RSUD Arosuka serta orang-orang umum.

    tiket pesawat 18 Sep 2017, 11:17:45 WIB

    kegiatan yang sangat bagus sekali

    harga hp asus 13 Okt 2017, 15:55:46 WIB

    kegiatan biasakan cuci tangan demi kesehatan masyarakat

    essayhave reviews 20 Nov 2017, 00:24:21 WIB

    I am mainly surprised by the way you unique out almost every single little detail. It can be genuinely heading to aid me a great offer. Thanks for sharing

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali

Komentar Terakhir

  • Bayar IndiHome

    Wah semoga cepat deh pemerataan akses internet dan juga telepon di daerah tersebut. ...

    View Article
  • iphone vr headset

    Here you can get a better idea about what kind of drone to buy your kid at ...

    View Article
  • college essay service

    Effectively, this specific acquired us contemplating any alternative exercises are ...

    View Article
  • Sovinco

    I discovered your blog online as a decent wellspring of data. Your posts are truly ...

    View Article