TOUR DE SINGKARAK 2017

By admin 24 Okt 2017, 16:03:38 WIBPariwisata

TOUR DE SINGKARAK 2017

Keterangan Gambar : Pembalap Tour De Singkarak Melewati Tugu Ayam Arosuka


Tour de Singkarak 2017

Tour de Singkarak adalah ajang balap sepeda bertaraf Internasional yang merupakan perpaduan atraktif antara promosi pariwisata dan olahraga yang diselenggarakan di Sumatera Barat. Tour de Singkarak adalah kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International) yang diselenggarakan setiap tahun di Sumatera Barat. Kejuaraan Tour de Singkarak dilaksanakan sejak tahun 2009 sebagai event tahunan. Pada tahun 2017 ini Tour de Singkarak kembali dilaksanakan untuk ke-9 kalinya dengan penanganan yang lebih professional untuk taraf Internasional.

Tour de Singkarak 2017 akan menempuh 9 Etape, dengan melalui 18 Kabupaten kota Dan total jarak 1226 KM Tour de Singkarak 2017  sebagai salah satu kejuaraan balap sepeda resmi Persatuan Balap Sepeda Internasional / UCI (Union Cycliste Internationale) di kelas 2.2 Asia Tour. Kabupaten Tanah Datar mendapat kehormatan sebagai tempat pembukaan sekaligus start pertama. Sedangkan garis finish terakhir berada di Kota Bukittinggi.

Tour de Singkarak 2017 adalah edisi yang ke 9 dari Tour de Singkarak Event balap sepeda Internasional yang di mulai pertama kali tahun 2009 hingga kini telah berkembang semakin baik dengan prestasi sebagai berikut:

  • Berhasil mempopulerkan Sumatera Barat sebagai daerah tujuan wisata dengan kenaikan jumlah kunjungan wisatawan dalam 4 tahun terakhir.
  • Tour de Singkarak menjadi salah satu event balap sepeda yang bergengsi dan terfavorit di Asia.
    (sumber : ACC Asian Cycling Confederation)
  • Menjadi magnet yang luar biasa bagi kalangan media massa lokal, domestik, maupun internasional.
  • Tour de Singkarak menjadi peringkat ke 5 event balap sepeda dengan jumlah penonton terbanyak.
    (sumber : UCI Unio Cycliste Internationale, ASO Amauri Sport Organization)

Jadwal Tour de Singkarak 2017

Ajang balap sepeda Tour de Singkarak akan dilaksanakan mulai dari 18 s.d 26 November 2017Perhelatan akbar ini akan melalui 18 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Kabupaten Tanah Datar mendapat kehormatan sebagai tempat pembukaan sekaligus start pertama. Sedangkan garis finish terakhir berada di Kota Bukittinggi.

Start Tour de Singkarak 2017

Setelah resmi menerima kehormatan menjadi tuan rumah pembukaan Tour de Singkarak 2017, Bupati Tanah Datar, Irdiansyah Tarmizi mengatakan bahwa pemerintah dan masyarakat telah siap untuk menjamu para tamu.

Pembukaan dan pelepasan para pembalap di etape1 ini akan dilakukan berpusat di Istano Basa Pagaruyuang. Para tamu, pembalap dan official akan disambut dengan tari-tarian dan kesenian khas minangkabau, tak lupa sirih dan carano. Kemudian semua tamu akan diundang makan bajamba di Rumah Gadang khas kerajaan Pagaruyuang tersebut. 

Finish Tour de Singkarak 2017

Sedangkan untuk penutupan, helat akan dipusatkan di taman Jam Gadang. Sebelumnya para pembalap akan diajak berkeliling kota BUkittinggi dengan bendi. Walikota Bukittinggi, Irdiansyah Tarmizi, menuturkan bahwa nantinya para tamu akan diarak dari pelataran taman Jam Gadang, terus ke panorama, ngarai sianok, goa jepang dan kembali ke Jam Gadang. Beliau berharap city tour ini mampu untuk lebih mempromosikan pariwisata Kota Bukittinggi. 

Etape Tour de Singkarak 2017

Balap sepeda sepanjang 1097 km ini terbagi atas 9 etape, berikut jadwal lengkap masing-masing etape;

Etape Tanggal  Start Finish Jarak  (Km)
1 (18/11) Batusangkar, Tanah Datar Padang 107
2 (19/11) Panianan, Pesisir Selatan Sawahlunto 166
3 (20/11) Muaro Sijunjuang Pulau Punjuang 100
4 (21/11) Danau Singkarak Payakumbuh 135
5 (22/11) Lembah Harau, Payakumbuh Padang Panjang 101
6 (23/11) Kota Solok Kayo Aro, Solok Selatan 140
7 (24/11) Pariaman Pasaman Barat 157
8 (25/11) Padang Pariaman Agam 101
9 (26/11) Pasaman Bukittinggi 90

 

Juara & Hadiah Tour de Singkarak 2017

Untuk pemenang balap sepeda kelas internasional ini, panitia menyiapkan hadiah yang tidak main-main. Total hadiah yang disiapkan mencapai2,3 Miliar Rupiah. Nilai ini diperkirakan akan bertambah bahkan lebih besar dari 2,5 miliar rupiah.

Ratusan pembalap dari berbagai tim dan negara di dunia akan saling beradu kecepatan dan strategi untuk menjadi yang terbaik di Tour de Singkarak 2017. Saksikan kemeriahannya di 18 kabupaten/kota se-Sumatera Barat dari 18 hingga 26 November mendatang.

(Sumber : tourdesingkarak.id )



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 3 Komentar untuk Berita Ini

  1. forklift surabaya murah 08 Jan 2018, 16:49:13 WIB

    thanks

    Kuota Murah 12 Jan 2018, 14:29:59 WIB

    Tour yang mengasikan, apalagi kita bisa sambil menikmati alam Singkarak hahaha Selain menyegarkan badan, juga menyegarkan mata dengan pemandangan yang super keren hahaha Cuman kemungkinan yang melakukan tour gak begitu menikmati, karena harus fokus. Semoga saja keluarga mereka bisa mengabadikan momen mereka, tentunya setelah melakukan pengisian paket data / kuota terlebih dahulu huahaha

    jasa pengecoran logam 12 Jan 2018, 16:51:50 WIB

    nice info

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali

Komentar Terakhir

  • Blade Runner 2 Jacket

    Love is important part of our life and we feel happy when we get love. We love ...

    View Article
  • iphone vr headset

    Drones have definitely changed the way we have fun and do business. They are now ...

    View Article
  • Streaming MU

    semangatkan ...

    View Article
  • Yalla Shoot

    Ijin Bergabung Pak ...

    View Article