Belajar Daring, Guru SMP se-Kabupaten Solok Diberikan Pelatihan

By Kabupaten Solok 20 Nov 2020, 08:10:06 WIBPendidikan

Belajar Daring, Guru SMP se-Kabupaten Solok Diberikan Pelatihan

Keterangan Gambar : Belajar Daring, Guru SMP se-Kabupaten Solok Diberikan Pelatihan


 

 

(Arosuka)-Kominfo. Ditengah masa normal baru, sekolah-sekolah di Kabupaten Solok melaksanakan pembelajaran secara daring. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Solok berinisiatif memberikan pelatihan pembelajaran daring bagi guru SMP se-Kabupaten Solok. Pelatihan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Solok  H. Gusmal, SE, MM didampingi Kepala Dinas Pendidikan Zulkisar, S.Pd, MM dan Kabag Humas Syofiar Syam, S.Sos, M.Si.

Dalam laporannya Zulkisar menjelaskan, tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran daring di masa pandemi Covid 19. Untuk sasaran dari pelatihan ini adalah tersedianya pendidik yang mampu merancang dan menyiapkan proses pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Untuk pelatihan ini sendiri akan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 9 sampai dengan 11 November 2020 di Rocky Hotel Padang. Adapun peserta pelatihan kali ini, berjumlah 40 orang yang merupakan perwakilan dari 10 guru mata pelajaran MGMP masing-masing sekolah, pada wilayah utara, tengah dan selatan di kabupaten Solok.

Diawal sambutannya, Bupati menjelaskan, pada tanggal 24 maret 2020 yang lalu, Kemendikbud telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang mengatur tentang bagaimana Pelaksanaan Pendidikan pada masa pandemi Covid-19. Dalam surat  tersebut dijelaskan bahwa proses pembelajaran dialihkan menjadi pembelajaran dari rumah melalui pembelajaran online. Pembelajaran dari rumah dilakukan dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Keadaan ini muncul tanpa prediksi dan persiapan sebelumnya sehingga memaksa sekolah untuk melakukan terobosan dalam proses pembelajaran. Untuk menunjang pembelajaran dari rumah tersebut maka guru merupakan orang yang memiliki peran yang sangat signifikan dalam menentukan arah masa depan peserta didik. Dalam melaksanakan tugasnya para guru harus benar-benar memiliki kemampuan baik dalam penguasaan materi maupun cara penyampaian materi. Bupati menilai, keberhasilan dalam pembelajaran akan tercapai secara maksimal jika disertai usaha keras dari guru dan siswa. Diakhir sambutannya,Bupati berharap agar para guru yang mengikuti pelatihan ini dapat mengikuti kegiatan dengan baik, sehingga memperoleh hasil yang maksimal. (admin)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment