Bupati buka Pelatihan Akuntansi Bagi Pengurus dan Pengawas Koperasi di Kabupaten Solok

By Kabupaten Solok 17 Okt 2019, 15:47:23 WIBEkonomi Kerakyatan

Bupati buka Pelatihan Akuntansi Bagi Pengurus dan Pengawas Koperasi di Kabupaten Solok

Keterangan Gambar : Bupati buka Pelatihan Akuntansi Bagi Pengurus dan Pengawas Koperasi di Kabupaten Solok


 

            (Arosuka)-Kominfo. Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM membuka secara resmi acara Pelatihan Akuntansi Bagi Pengurus dan Pengawas Koperasi, di Rocky Hotel Padang, Rabu (16/10). Turut hadir Kepala Dinas KUKMPP Eva Nasri, SH, MM, Kepala Bagian Kerjasama Daerah Devi Pribadi, S.Sos, beserta seluruh peserta pelatihan.

Eva Nasri, SH, MM dalam laporannya menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas sumber daya manusia, khususnya pengurus dan pengawas koperasi di Kabupaten Solok mengenai Sistem Akuntansi Koperasi. Aplikasi ini bertujuan memudahkan dalam melakukan pembukuan dan penyusunan laporan keuangan koperasi. Eva berharap dengan dilaksanakan pelatihan ini, SDM maupun kelembagaan koperasi, mampu melaksanakan penyusunan dan pemeriksaan laporan keuangan koperasi dengan baik, sehingga dapat melaksanakan rapat anggota tahunan tepat waktu. Lebih lanjut Eva menjelaskan, peserta kegiatan pelatihan ini berjumlah 40 orang, terdiri dari 25 orang pengurus dan 15 orang pengawas koperasi di Kabupaten Solok. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 16 sampai dengan 18 oktober 2019.

Pada kesempatan yang sama, Eva menyebutkan jumlah koperasi di wilayah Kabupaten Solok saat ini berjumlah 129 koperasi, dengan jumlah koperasi aktif sebanyak 79 koperasi dan tidak aktif sebanyak 50 koperasi, serta calon koperasi yang bakal tumbuh sebanyak 5 koperasi. Diakhir laporannya Eva juga menjelaskan bahwa, pada tahun 2018 lalu, pemerintah daerah telah memberikan bantuan hibah berupa aplikasi sistem informasi akuntansi USP koperasi kepada 2 koperasi, yakni koperasi Kubung Gantung Ciri dan Koperasi Pertanian Tunas Inti Padang Belimbing. Sedangkan untuk tahun 2019 ini, akan dihibahkan kepada KPRI guru-guru SD Kecamatan X Koto Diatas.

            Diawal sambutannya Bupati menjelaskan, tuntutan profesionalisme, pembagian kerja, penguasaan teknologi informasi serta kemampuan menajerial keuangan merupakan sejumlah tuntutan mutlak yang benar-benar harus dijawab dengan tepat oleh perkoperasian. Bupati melihat saat ini banyak koperasi dalam manajemen organisasi, permodalan dan keuangan memakai dan memanfaatkan teknologi informasi berbentuk aplikasi keuangan berbasis IT. Untuk itu Bupati berharap dengan pelatihan ini, dapat menjawab tantangan dalam upaya membangun dan mengembangkan koperasi pada sektor pengelolaan atau manajemen keuangan. “Pada kesempatan ini kita tingkatkan wawasan dari para penggerak koperasi untuk dapat mengelola koperasi menjadi koperasi yang kuat dan mandiri serta lebih maju dan berkembang dimasa yang akan datang”, ungkap Bupati mengakhiri sambutannya. (admin)

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali
  sangat bagus sekali

Komentar Terakhir

  • elonujjipic

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Buy Amoxicillin <a ...

    View Article
  • Arianto

    Kapan dibayarkan bpnt november 2019 ...

    View Article
  • edqavexpu

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Buy Amoxicillin Online Without Prescription <a ...

    View Article
  • ewetoheqix

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Amoxicillin On Line <a ...

    View Article