Bupati Buka Peningkatan kapasitas aparatur pemerintah nagari se-Kecamatan Kubung tahun 2020

By Kabupaten Solok 06 Mar 2020, 14:44:56 WIBPemerintahan

Bupati Buka Peningkatan kapasitas aparatur pemerintah nagari se-Kecamatan Kubung tahun 2020

Keterangan Gambar : Bupati Buka Peningkatan kapasitas aparatur pemerintah nagari se-Kecamatan Kubung tahun 2020


 

            (Arosuka)-Kominfo. Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM, secara resmi membuka acara peningkatan kapasitas Aparatur Pemerintah Nagari se-Kecamatan Kubung Tahun 2020, di Taufina Hotel Solok, Sabtu (29/02). Turut hadir Camat Kubung Ricky Carnova S.STP, M.Si, Kepala BKPSDM Drs. Aliber Mulyadi, Sekretaris DPMN Riswandi Bahauddi, S.Sos, Sekretaris Camat Acil Fasra, S.IP, Wali Nagari dan Aparatur Pemerintah Nagari se-Kecamatan Kubung.

Afnida Wati, S.Pdi selaku panitia pelaksana dalam sambutannya menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan pemahaman aparatur pemerintah nagari se-Kecamatan Kubung dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari, terutama dalam penata usahaan keuangan nagari dan pelaksanaan aplikasi Siskeudes 2.02. Peserta pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan nagari sekecamatan Kubung merupakan utusan nagari se-Kecamatan Kubung sebanyak 71 orang, dengan rincian sebagai berikut ; Wali Nagari 8 orang, Sekretaris Nagari 8 orang, Kepala Seksi 24 orang, Kepala Urusan 16 orang dan Staf Perangkat Nagari 15 orang. Materi yang disajikan dalam pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan nagari se-Kecamatan Kubung menyangkut aspek hukum pengawasan penyelenggaraan pemerintahan nagari, evaluasi pelaksanaan pembangunan tahun 2019 dan arah kebijakan pembangunan tahun 2020, sistem pengawasan keuangan nagari, Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Nagari (PKPN), Penerapan Aplikasi e-katalog untuk pengadaan barang dan jasa di Nagari, pengarahan tupoksi perangkat nagari sesuai SOTK, Penginputan APBN dan penata usahaan keuangan nagari kedalam aplikasi Siskeudes 2.02.

Narasumber kegiatan ini adalah Bupati Solok, Kepala Kejaksaan Negeri Solok, Inspektur Daerah, Kepala DPMN, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Sekretariat Daerah, Camat Kubung, Tenaga Ahli Bidang Infrastruktur Pemerintah Kabupaten Solok Dan Admin Siskeudes Kabupaten Solok. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 29 Februari sampai dengan 1 Maret 2020 di Hotel Taufina Kota Solok.

Wali Nagari Gauang dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Camat Kubung yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini, sebagai tindak lanjut dari kegiatan yang sudah diadakan oleh DPMN di Rocky Hotel Padang beberapa saat yang lalu, namun sebagaimana yang kita ketahui bersama masih banyak nagari di Kecamatan Kubung yang belum bisa hadir di acara tersebut dikarenakan APB Nagarinya belum dibahas di BPN. Untuk itu kami sepakat dengan Camat dan seluruh Wali Nagari di Kecamatan Kubung untuk mengadakan kegiatan pada hari ini. Kegiatan ini memang sangat dibutuhkan dan diperlukan oleh aparatur nagari sebagai pedoman dalam pengelolaan keuangan nagari.

Bupati Solok saat menyampaikan Arahannya

“Saya mengapresiasi kepada Camat Kubung, yang sudah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini, untuk itu saya himbau kepada seluruh Wali Nagari khususnya di Kecamatan Kubung, supaya jangan ada lagi Wali Nagari yang bermain main dengan dana nagari”, ujar Bupati diawal sambutannya. Bupati berharap kepada perangkat nagari berpedoman kepada peraturan perundang-undangan, serta mempunyai kompetensi yang memadai dalam mengelola keuangan nagari, dan menguasai Aplikasi Siskeudes 2.02. Bupati juga meminta kepada peserta untuk mengikuti pelatihan,dengan sebaik-baiknya, dan kepada narasumber , Bupati meminta untuk memberikan informasi yang se detail-detilnya kepada peserta agar nantinya dapat diterapkan di nagari masing-masing. Selain itu juga Bupati mengajak DPMN beserta Camat, untuk terus memberikan layanan dan dukungan serta bimbingan yang lebih intensif kepada pemerintahan nagari. (admin)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment