Bupati hadiri Pengukuhan Gelar Datuk Marajo Sinaro Suku Payobada

By Kabupaten Solok 14 Jan 2020, 15:31:48 WIBAdat & Agama

Bupati hadiri Pengukuhan Gelar Datuk Marajo Sinaro Suku Payobada

Keterangan Gambar : Bupati hadiri Pengukuhan Gelar Datuk Marajo Sinaro Suku Payobada


 

 

            (Arosuka)-Kominfo. Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM menghadiri acara Pengukuhan Gelar Datuk Marajo Sinaro Suku Payobada, di Balai Adat Nagari Bukit Kandung, Sabtu (04/01). Tampak hadir bersama Bupati, para Kepala SKPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok. Turut hadir Ketua KAN Nagari Bukit Kandung Nasripul Romika, Forkompimcam Kecamatan X Koto Diateh, Wali Nagari se-Kecamatan X Koto Diateh, para tokoh masyarakat, bundo kanduang, serta para pemuda Nagari Bukit Kanduang.

M. MN Malin Majo Pakiah selaku ketua pelaksana kegiatan menjelaskan, acara pengukuhan datuk penghulu ini, bertujuan untuk memperkenalkan kepada khalayak, bahwa seseorang sudah mendapat gelar kebesaran. Proses pengukuhan Iswandi, ST, MT sebagai Dt Majo Sinaro Pasukuan Payobada, sudah melalui kesepakatan kaum kepersukuan di Nagari Bukit Kandungan.

Pengukuhan Gelar Datuk Marajo Sinaro Suku Payobada

“Saya mengucapkan selamat kepada Iswandi, ST, MT yang baru saja dikukuhkan sebagai Datuk Majo Sinaro Suku Payobada. Saya juga sangat mengapresiasi berbagai kegiatan pengukuhan gelar datuk yang tetap terpelihara hingga saat ini”, ujar Bupati diawal sambutannya. Bupati juga menyebutkan bahwasanya, gelar datuk itu tidak semata-mata hanya sebagai gelar saja, melainkan sebuah bentuk kepercayaan sebuah kaum kepada seseorang, yang dihormati dan dianggap mampu memberikan teladan, serta memecahkan masalah yang dihadapi oleh kaum tersebut. Datuk juga bertugas melindungi kaumnya dari masuknya budaya negatif yang akan menjauhkan mereka dari identitas adat budaya dan agama. Diakhir sambutannya Bupati berharap agar peran niniak mamak mampu memajukan sebuah nagari. (admin)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment