Bupati Hadiri Sosialisasi dan Bimtek Pengelolaan Perpustakaan untuk Wali Nagari, BPN dan Pengelola P

By Kabupaten Solok 24 Jun 2019, 10:10:27 WIBPemerintahan

Bupati Hadiri Sosialisasi dan Bimtek Pengelolaan Perpustakaan untuk Wali Nagari, BPN dan Pengelola P

Keterangan Gambar : Bupati Hadiri Sosialisasi dan Bimtek Pengelolaan Perpustakaan untuk Wali Nagari, BPN dan Pengelola Perpustakaan


(Arosuka)-Kominfo. Bupati Solok menghadiri Sosialiasasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tentang Pengelolaan Perpustakaan untuk Wali Nagari, Ketua Badan Permusyawaratan Nagari (BPN), dan Pengelola Perpustakaan di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Solok. Bimtek tersebut berlangsung di di Ruangan Perpustakaan Koto Baru, Rabu (19/06). Bupati hadir didampingi oleh Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan H. Nofiarman, Kepala Dinas DKUKMPP Eva Nasri, Sekretaris DPPKBP3A Syafrizal Bahar, para Camat dan Wali Nagari se-Kabupaten Solok, serta para Peserta Bimtek.

 

H. Nofiarman dalam sambutannya menjelaskan bahwa, tujuan diselenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Pengelola Peepustakaan Nagari se-Kabupaten Solok ini diantaranya adalah agar peserta dapat mensosialisasikan dan memahami materi pada bimbingan teknis, sehingga dapat dikembangkan pada Program Perpustakaan Bergilir Buku Masuk Rumah di nagari nantinya. Tujuan lainnya adalah agar setiap perpustakaan di nagari bisa menjadi tempat yang diminati masyarakat dalam menambah ilmu pengetahuan. Lebih lanjut Nofiarman mengharapkan agar setelah diadakan kegiatan ini, dapat membuahkan hasil diantaranya agar setiap nagari dapat mempunyai perpustakaan yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan, serta mempunyai pengelola perpustakaan yang profesional.  Kegiatan Bimtek kali ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni dari tanggal 19 sampai dengan 20 Juni 2019. Peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari 50 orang peserta yang terdiri dari para Wali Nagari, Ketua BPN, Ketua Perpustakaan Nagari, Pengelola Perpustakaan Nagari dan Kader Perpustakaan se-Kabupaten Solok.

“Kita menyadari bahwa untuk saat ini kegemaran membaca bagi siswa kita, masih relatif rendah. Faktor penyebabnya antara lain keterbatasan buku dan kurang optimalnya pengelola perpustakaan serta kurangnya ajakan guru untuk gemar membaca. Saya ingin masyarakat Kabupaten Solok pada masa yang akan datang, dapat menjadi masyarakat yang gemar membaca dan menulis agar menjadi masyarakat yang cerdas”, ungkap Bupati mengawali sambutannya. Bupati meminta agar menjadikan kegiatan ini sebagai langkah awal untuk pembenahan dan pengembangan perpustakaan di  nagari masing-masing. Bupati juga menghimbau kepada Wali Nagari dan Badan Permusyawaratan Nagari, untuk merencanakan dan memberikan masukan pada pengelola perpustakaan nagari agar dapat memberikan perhatian yang serius terhadap perpustakaan. Bupati berharap agar kegiatan ini dapat memberikan pemahaman, pengetahuan tentang pengelolaan perpustakaan yang baik dan benar sesuai penerapan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) yang ditetapkan oleh UU No.43 Tahun 2007. Bupati juga meminta Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Sumatera Barat untuk terus memberikan pembinaan dan perhatian kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupten Solok dan Perpustakaan Nagari, sebab salah satu Perpustakaan di Kabupaten Solok, yakni Perpustakaan Nagari Saok Laweh meraih juara 1 pada penilaian perpustakaan nagari tingkat nasional tahun 2018. (admin)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment