Bupati Solok meLaunching Aplikasi iSolok Kab

By Kabupaten Solok 29 Nov 2019, 16:33:17 WIBE-Government

Bupati Solok meLaunching Aplikasi iSolok Kab

Keterangan Gambar : Bupati Solok meLaunching Aplikasi iSolok Kab


 

           (Arosuka)-Kominfo. Bertempat di Ruangan Solok Nan Indah, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM bersama Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH, secara resmi melaunching Aplikasi i-Solok Kab untuk e-Book /Perpustakaan Digital, Selasa (26/11). Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Solok H. Aswirman, SE, MM, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Propinsi Sumatera Barat diwakili oleh Kabid Perpustakaan Drs. Armison Amran,MM, Dirut PT Woolu Aksaramaya Sulasmo Sudharno, Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Solok H. Nofiarman,S.Sos, MM, para Staf Ahli Bupati, Para Asisten dan Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok, Pimpinan Bank Indonesia Sumatera Barat serta pimpinan Penerbit Buku LPP Balai Insan Cendekia, Forkopimda Kabupaten Solok, Camat dan Wali Nagari se-Kabupaten Solok, serta Perwakilan dari Pengelola Perpustakaan Sekolah se-Kabupaten Solok.

H.Nofiarman,S.Sos,MM diawal laporannya mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada seluruh undangan yang hadir pada launching Aplikasi Perpustakaan Digital iSolok Kab, terutama pada pimpinan PT Woolu Aksaramaya uang telah berkenan menghibahkan Aplikasi iSolok Kab. Nofiarman menjelaskan tujuan dari launching Aplikasi digital iSolok Kab ini adalah untuk menumbuhkembangkan minat baca bagi masyarakat Kabupaten Solok melalui buku elekronik/digital tanpa harus datang keperpustakaan, serta memberikan kesempatan kepada pembuat konten untuk lebih mudah berbagi informasi dengan cara yang lebih menarik dan interaktif. Aplikasi isolok Kab ini dinilai mempermudah penggunanya, dalam melaksanakan pembelajaran, serta terhindar dari kerusakan basah ataupun hilang.             Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penyerahkan piagam penghargaan kepada Bank Indonesia, yang sudah menyediakan pojok baca melalui Program BI Corner di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Solok, serta penyerahan piagam kepada Penerbit LPP Balai Insan Cendekiawan, serta penyerahan Sertifikat Akreditasi bagi Perpustakaan Sekolah dan Nagari diantaranya kepada Perpustakaan SDN 12 Koto Baru dengan Kategori C, Perpustakaan SMPN 3 X Koto Singkarak dengan Kategori B, Perpustakaan SMAN 1 Bukit Sundi dengan Kategori C, serta Perpustakaan Nagari Sulit Air dengan Kategori C.

Aksaramaya Sulasmo Sudharno diawal sambutannya menjelaskan, perpustakaan digital di Indonesia sudah berkembang pesat. Kabupaten Solok adalah salah satu kabupaten/kota di Indonesia, yang telah bekerja sama dengan PT.Woolu Aksaramaya untuk perkembangan Perpustakaan Digital, serta merupakan satu-satunya di Sumatera Barat. Aksaramaya menyebutkan, kehadiran Perpustakaan digital iSolok Kab ini, merupakan bagian upaya dari Dinas Perpustakaan untuk memberikan Konten-Konten yang baik dan valid kepada masyarakat. Aksaramaya juga menyebutkan aplikasi iSolok Kab ini sudah bisa didownload di Play Store dan App Store. “Teknologi yang kita kembangkan tidak jauh berbeda dengan teknologi yang dikembangkan oleh Facebook dan Google, karena didalamnya ada konten dan ada user serta konten yang ada didalamnya dilindungi dengan teknologi yang dinamakan Digital Rights Manajement  (DRM) sehingga konten itu tidak bisa diubah, diganti maupun di share kecuali minta izin terlebih dahulu. Aplikasi ini basisnya adalah Sosial Media dimana fitur-fiturnya selalu berkembang mengikuti pengalaman penggunanya”, jelas Aksaramaya diakhir sambutannya.

“Saya mengapresiasi kepada Kabupaten Solok, khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah menciptakan suatu inovasi untuk kemajuan dan perkembangan minat baca bagi masyarakat”, ungkap Armison Ambran diawal sambutannya. Armison berharap dengan Launching iSolok Kab ini dapat memberikan kemajuan dibidang perpustakaan dan menambah minat baca masyarakat Kabupaten Solok, serta dapat dicontoh oleh kabupaten/kota lainnya.

           “Saya ucapkan terimakasih kepada Bank Indonesia (BI) yang telah menyediakan pojok baca melalui program BI corner,  serta terimakasih kepada pimpinan penerbit LPP Balai Insan Cendekia yang telah memberikan buku bacaan kepada Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Solok”, ungkap Bupati Solok diawal sambutannya. Bupati juga menyampaikan ucapan selamat kepada tiga sekolah dan satu nagari, yang telah mendapatkan sertifikat akreditasi. “Saya sangat menyambut baik program ini, karena e-Book juga merupakan salah satu instrument Kabupaten Solok, dalam rangka mewujudkan Kabupaten Solok sebagai 1 dari 100 Kabupaten Smart City di Indonesia”, ujar Bupati lebih lanjut. Diakhir sambutannya Bupati berharap, agar aplikasi ini bisa menjadi edukasi bagi warga masyarakat yang tidak sempat ke perpustakaan, karena kesibukanya, serta minat baca masyarakat Kabupaten Solok. (admin)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali
  sangat bagus sekali

Komentar Terakhir

  • onixojefored

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Amoxicillin 500mg Capsules <a ...

    View Article
  • Betting Bola Resmi Terpercaya

    Wah,, pasti pak wagub mau taruhan bola tuh, haha... :D ...

    View Article
  • ieuquuwofaqvu

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Amoxicillin 500mg Dosage <a ...

    View Article
  • iduqeuway

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Amoxicillin 500mg Capsules <a ...

    View Article