Bupati Solok terima Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

By Kabupaten Solok 20 Nov 2019, 14:40:23 WIBPemerintahan

Bupati Solok terima Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

Keterangan Gambar : Bupati Solok terima Penghargaan Swasti Saba Wiwerda


 

            (Arosuka)-Kominfo. Bertempat di Kantor Kemendagri Jakarta, Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM menerima Penghargaan Swasti Saba Wiwerda dari Menteri Kesehatan RI, Selasa (19/11). Pada kesempatan ini Bupati hadir didampingi oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Desnadefi Gusmal, Kepala Barenlitbang Kabupaten Solok Syaiful MT, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Zulhaimi, SKM, MM, serta Ketua Forum Komunikasi Kabupaten Sehat (FKKS) H. Syafrizal Ben.

Bupati Solok bersama Ibu berfoto bersama

Bupati Solok saat diwawancarai menjelaskan bahwa, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap pelaksanaan program Kabupaten/Kota Sehat, karena masyarakat telah berperan secara aktif baik sebagai subjek maupun obyek pembangunan kesehatan, serta berkiprah sebagai agen perubahan. Penghargaan ini bukan merupakan tujuan utama, namun poin penting adalah koordinasi lintas sektor pemerintahan, pemangku kepentingan dan masyarakat, yang dilakukan secara berkesinambungan dalam pembangunan berwawasan kesehatan dan lingkungan. Hal yang dinilai untuk tingkat wiwerda yakni mencakup kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum yang sehat , kehidupan masyarakat yang sehat, kawasan kerja dan perkantoran yang bersih, serta pelayanan rumah sakit yang baik

Disela wawancara Bupati juga menyebutkan, pembangunan kesehatan tidak mungkin berhasil tanpa dukungan, peran serta dan komitmen seluruh pemangku kepentingan dan lapisan masyarakat. Keterlibatan pemerintah nagari dan desa telah diamanatkan negara sebagai pemerintahan terdepan dalam membangun msyarakat termasuk membangun kesehatan di Kabupaten Solok. “Penghargaan yang kita terima ini akan kita jadikan cambuk untuk lebih baik lagi dalam pembangunan khususnya dalam sektor kesehatan di Kabupaten Solok ini, dan terima kasih saya sampaikan kepada DPRD, jajaran kesehatan, Forum Komunikasi Kabupaten Sehat Kabupaten Solok, Tim PKK Kabupaten Solok , serta semua stakeholder terkait”, ungkap Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan, dalam rangka percepatan dan mensinergikan serta mewujudkan misi pemerintah Kabupaten Solok, khususnya di bidang kesehatan pemerintah daerah telah menetapkan pesan kesehatan yaitu “Pesan Sehat Arosuka” dan menetapkan ikon kesehatan yaitu “Nagari Peduli Sehat, Kabupaten Solok Kuat”. Pesan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepedulian nagari dalam membangun kesehatan di Kabupaten Solok. Kabupaten Solok juga telah melakukan pengukuhan kader kesehatan sebagai bentuk peran serta masyarakat untuk menunjang terlaksananya program gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS), Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga sangat menentukan kesehatan masyarakat.

 

          Pada kesempatan yang sama Maryetti Marwaz menambahkan, penghargaan ini tidak lepas dari perhatian Bupati Solok selaku Kepala Daerah yang tidak henti-hentinya memberikan inspirasi dan inovasi pembangunan disektor kesehatan. “Melihat dari semua kegiatan yang dilakukan untuk kabupaten sehat, saya pikir sangatlah wajar kita menerima ini. apalagi Ketua TP PKK Kabupaten Solok aktif melakukan kegiatan di puskesmas se- Kabupaten Solok”, ungkap Maryeti.

Kabupaten Solok raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

           Sementara itu, H. Syafrizal Ben sangat berharap kepada Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait, untuk bisa mempertahankan prestasinya.Ben menilai hal ini tidak akan mudah, untuk itu perlu dilakukan pembinaan di 74 Nagari se-Kabupaten Solok. (admin)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali
  sangat bagus sekali

Komentar Terakhir

  • onixojefored

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Amoxicillin 500mg Capsules <a ...

    View Article
  • Betting Bola Resmi Terpercaya

    Wah,, pasti pak wagub mau taruhan bola tuh, haha... :D ...

    View Article
  • ieuquuwofaqvu

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Amoxicillin 500mg Dosage <a ...

    View Article
  • iduqeuway

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Amoxicillin 500mg Capsules <a ...

    View Article