Festival Petani Turun ke Sawah

By Kabupaten Solok 15 Apr 2019, 08:23:00 WIBPariwisata

Festival Petani Turun ke Sawah

Keterangan Gambar : Festival Petani Turun ke Sawah


(Arosuka)-Kominfo. Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM menghadiri Festival Petani Turun ke Sawah, yang diadakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok bekerjasama dengan Nagari Paninggahan Kabupaten Solok. Festival ini diadakan di Rumah Gadang Lulung Subarang Nagari Paninggahan, Selasa (02/04). Acara ini juga dihadiri oleh Anggota DPD RI Kabupaten Solok H. Nopi Candra, SE, para Staf Ahli, para Asisten, para Kepala SKPD serta Camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Solok. Festival ini diikuti oleh ratusan masyarakat Nagari Paninggahan serta beberapa wisatawan manca negara.

Bupati secara resmi membuka Festival  Petani Turun kasawah

Yandra Frasat dalam laporannya menyebutkan, rangkaian acara turun ka sawah diawali dengan Silek Lunau, dilanjutkan dengan menangkap ikan disawah, hingga acara batanam padi, serta makan baselo di pamatang sawah bersama Bupati dan semua tamu undangan. Yandra juga menyampaikan bahwa, event ini digelar dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Solok ke 106, sekaligus untuk membangkitkan Pariwisata Kabupaten Solok. Selain itu juga mengajak masyarakat bernostalgia tentang cara kehidupan masyarakat yang penuh dengan kebersaman dan gotong royong. Yandra juga berharap, agar event ini dapat menarik wisatawan untuk datang berkunjung ke Kabupaten Solok khususnya Nagari Paninggahan. Nagari Paninggahan sendiri selain menawarkan pemandangan keindahan Danau Singkarak dan gugusan Bukit Barisan, ada budaya dan tradisi yang siap ditampilkan pada wisatawan sebagai nilai-nilai kearifan lokal.

 

H. Nopi Candra, SE diawal sambutannya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Solok, terutama masyarakat Nagari Paninggahan yang telah melaksanakan event Turun Kasawah. Nopi Berharap kegiatan ini tidak hanya seremonial belaka, tetapi terus ditingkatkan serta dapat menjadi agenda tahunan bagi Pemerintah Kabupaten Solok.

Penanaman Padi oleh Petani disaksikan oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM

“Rasa haru, karena ditengah zaman milenial ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta masyarakat Nagari Paninggahan mampu menghadirkan nuansa tradisional yang kental dengan semangat gotong royong. Saya serasa kembali ke masa puluhan tahun silam, dimana setelah masa panen sawah merupakan tempat merajut silaturahmi. Mulai dari latihan silek bagi pemuda, tempat bermain bagi anak-anak hingga menangkap belut dan ikan yang mengundang keseruan”, ungkap Bupati mengawali sambutannya. Bupati juga berharap, melalui peringatan hari jadi Kabupaten Solok ke-106 kali ini, mampu menghidupkan kembali nilai-nilai kebersamaan yang sarat nilai silaturahmi masyarakat khususnya di Kabupaten Solok. “Sekarang kemajuan teknologi mulai mengambil alih pekerjaan yang biasa dikerjakan secara bersama kini digantikan oleh mesin, namun kita perlu melestarikannya. Agar anak cucu kita juga merasakan bagaimana nikmatnya hidup dalam kebersamaan sebagai ciri khas budaya Minangkabau”, himbau Bupati disela sambutannya. Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang telah menghadirkan kembali nuansa tradisional pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Solok ke-106. (admin)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali
  sangat bagus sekali

Komentar Terakhir

  • oluhafife

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin Online <a ...

    View Article
  • Jasa Perencanaan Arsitektur

    Penanaman modal harus dibarengi dengan rencana kerja yang jelas sehingga bisa cepat ...

    View Article
  • oxubapocem

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin <a ...

    View Article
  • uyuzadfibuxo

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin Without Prescription <a ...

    View Article