Hadapi Covid-19 Pemda Kabupaten Solok Adakan Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda

By Kabupaten Solok 16 Mar 2020, 12:56:11 WIBKesehatan

Hadapi Covid-19 Pemda Kabupaten Solok Adakan Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda

Keterangan Gambar : Hadapi Covid-19 Pemda Kabupaten Solok Adakan Rapat Koordinasi Bersama Forkopimda


 

            (Arosuka)-Kominfo. Dalam rangka kesiapsiagaan Kabupaten Solok dalam menghadapi penyebaran virus penyakit infeksi Corona (Covid-19), Pemda Kabupaten Solok melaksanakan rapat koordinasi bersama Forkopimda dan unsur terkait yang ada di Kabupaten Solok, di Ruang Solok Nan Indah, Sabtu (14/03). Rapat ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Aswirman, SE, MM. Turut hadir Asisten Koordinator Bidang Administrasi Sony Sondra, SE, M.Si, para Kepala SKPD dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok.

dr. Maryeti Marwazi, Mars selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, diawal laporannya menjelaskan bahwa, saat ini di Indonesia pasien positif Corona sudah mencapai 69 orang. Menanggapi kasus ini, sudah ada beberapa langkah kesiapsiagaan yang dilakukan oleh Kabupaten Solok dalam menghadapi masalah ini, diantaranya menyebarluaskan dan mensosialisasikan himbauan Bupati Solok dalam upaya pencegahan dan penyebaran penyakit infeksi Corona. Selanjutnya dengan melakukan surveilans atau pengawasan serta pemantauan terhadap orang yang baru datang/setelah perjalanan dari negara yang terjangkit. Puskesmas juga rajin dalam melaporkan Kasus ILI, ISPA dan Pneumonia. Pemerintah juga rutin menyebarkan informasi melalui media seperti baliho, serta membagikan pamflet tentang pencegahan penyakit infeksi corona di setiap puskesmas, serta tempat umum lainnya. Maryeti juga menyebutkan, pemerintah juga menyediakan posko dan pusat informasi kesiapsiagaan covid-19 yakni di Dinas Kesehatan Kabupaten Solok. Kegiatan lainnya adalah melakukan sosialisasi di seluruh kecamatan dan nagari yang ada di Kabupaten Solok, kemudian juga dilakukan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat umum. “Kita juga akan memenuhi kebutuhan dan meningkatkan penggunaan alat pelindung diri (APD) bagi yang membutuhkan (seperti pegawai yang bekerja di instansi kesehatan / RS, puskesmas)”, jelas Maryeti diakhir sambutannya.

“Saya ingatkan kepada seluruh masyarakat, bahwasanya penyakit infeksi Corona (Covid-19) ini, merupakan ancaman bagi kita semua, maka dari itu kita harus selalu waspada dari masyarakat dan lingkungan sekitar yang memiliki gejala-gejala sesuai dengan penderita Covid-19”, himbau Aswirman diawal sambutannya. Selanjutnya Aswirman juga meminta agar masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang, serta selalu membiasakan diri hidup bersih dan sehat. Aswirman juga meminta kepada Dinas Kesehatan dan unsur terkait, untuk segera melakukan penyemprotan desinfektan sesuai anjuran dari pemerintah pusat. “Khusus untuk wilayah Kabupaten Solok, agar disediakan hand sanitizer di seluruh kantor dinas (SKPD), serta tempat/fasilitas umum lainnya”, pinta Aswirman diakhir sambutannya. (admin)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment