Implementasi Germas di Kecamatan X Koto Diatas

By Kabupaten Solok 23 Sep 2019, 13:28:44 WIBKesehatan

Implementasi Germas di Kecamatan X Koto Diatas

Keterangan Gambar : Implementasi Germas di Kecamatan X Koto Diatas


 

            (Arosuka)-Kominfo. Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH hadir di Puskemas Paninjauan, dalam rangka mengikuti beberapa kegiatan yang diadakan oleh Kecamatan X Koto Diatas, Selasa (17/09). Kegiatan yang diadakan antara lain Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Launching Program Blusukan seharian ke Kantor Wali Nagari (Bakawan), dan Launching Sanggar Seni Rawang Tikuluak Nagari Paninjauan. Turut hadir mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok Zulhaini, S.Km, mewakili Kepala Dinas Pariwisata Emi Edisam S.Pd, Camat X Koto Diateh Teta Mirta, S. Stp, M.Si, Forkompimcam, Kepala Puskesmas se Kabupaten Solok, serta Kepala Sekolah se-Kecamatan X Koto Diatas.

Peseta kegiatan Germas bersama Wakil Bupati Solok

Teta Mirta dalam sambutannya menjelaskan, tujuan kegiatan Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas ) adalah untuk mewujudkan masyarakat hidup sehat. Teta memyebutkan, pada tahun 2020 mendatang, Kecamatan X Koto Diateh akan mewakili Kabupaten Solok dalam lomba Iva tes Tingkat Nasional. Lebih lanjut Teta menambahkan Launching program blusukan seharian ke Kantor Wali Nagari ( Bakawan), bertujuan untuk lebih mendekatkan antara pemerintah kecamatan dengan nagari, tujuan lainnya adalah untuk mempermudah urusan kemasyarakatan yang berhubungan dengan dengan kecamatan. Kegiatan ini dilaksanakan secara bergilir antar nagari se Kecamatan X Koto Diateh. Kegiatan terakhir adalah Launching Sanggar Seni Rawang Tikuluak Nagari Paninjauan, yang dilaksanakan dalam rangka mempromosikan seni budaya.’

“Germas adalah implementasi dari prioritas pembangunan nasional, yang dilakukan sebagai upaya penguatan promotif dan preventif masyarakat, dengan tujuan menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular baik kematian maupun kecacatan”, ungkap  Zulhaini diawal sambutannya. Lebih lanjut Zulhaini menyebutkan, kegiatan Germas tahun 2018 berfokus pada 5 kegiatan, diantaranya melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit sehari, mengonsumsi sayur dan buah setiap hari, tidak merokok, serta menggunakan jamban sehat.

Wakil Bupati Solok saat Menyampaikan Sambutannya

Pada kesempatan yang sama, Yulfadri diawal sambutannya mengapresiasi Camat, Forkompimcam serta seluruh masyarakat Nagari Paninjauan yang telah melaksanakan 3 kegiatan sekaligus dengan sukses. Yulfadri meminta kepada kepala sekolah dan majelis guru, untuk dapat mengalakkan program Germas di sekolah masing-masing  yang diterapkan kepada anak didik. “Kepada wali nagari serta tokoh masyarakat untuk membangkitkan kembali kesenian anak nagari yang sudah lama kurang pembinaan”, himbau Yulfadri. Diakhir sambutannya Yulfadri berpesan kepada seluruh masyarakat agar mengawasi anak dalam setiap pergaulan, menjauhi dari bahaya narkoba, serta buruknya pengaruh LGBT. (admin).



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali
  sangat bagus sekali

Komentar Terakhir

  • onixojefored

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Amoxicillin 500mg Capsules <a ...

    View Article
  • Betting Bola Resmi Terpercaya

    Wah,, pasti pak wagub mau taruhan bola tuh, haha... :D ...

    View Article
  • ieuquuwofaqvu

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Amoxicillin 500mg Dosage <a ...

    View Article
  • iduqeuway

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Amoxicillin 500mg Capsules <a ...

    View Article