Kabupaten Solok Peringati Bulan Bakti Dasawisma dan BB-GRM

By Kabupaten Solok 13 Mar 2020, 13:02:53 WIBPemerintahan

Kabupaten Solok Peringati Bulan Bakti Dasawisma dan BB-GRM

Keterangan Gambar : Kabupaten Solok Peringati Bulan Bakti Dasawisma dan BB-GRM


 

            (Arosuka)-Kominfo. Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Desnadefi Gusmal, menghadiri peringatan Bulan Bakti Dasawisma dan BB-GRM, di Ruang Solok Nan Indah, Senin (09/03). Kegiatan ini digelar dengan tema “Melalui Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma dan BB-GRM Kita Tingkatkan Peran dan Fungsi Kelompok Dasawisma dan Lembaga Kemasyarakatan Dalam Pembangunan Nagari di Kabupaten Solok”. Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Aswirman, SE, MM, Asisten Koordinator Ekbangkesra Medison, Asisten Koordinator Bidang Administrasi Sony Sondra, SE. M.Si, para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok,  Ketua GOW Kabupaten Solok Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, dan Ketua DWP Kabupaten Solok Ny. Herlina Aswirman.

Desnadefi saat menyampaikan sambutannya

Desnadefi dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan Bulan Bakti Dasawisma merupakan inovasi dari TP PKK Propinsi Sumatera Barat, yang dilaksanakan selama bulan Maret. Pelaksanaan kali ini merupakan, pelaksanaan tahun keempat di Sumatera Barat. Desnadefi juga menyebutkan bahwa saat ini, semua rumah di Kabupaten Solok telah bergabung dalam kelompok dasawisma, yang saat ini berjumlah 4331 kelompok. Desnadefi juga menyebutkan, pada Bulan Bakti Dasawisma kali ini ,TP PKK Kabupaten Solok yang tergabung dalam empat tim, akan melakukan pembinaan ke 14 nagari di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Solok. Salah satu kegiatannya adalah penyerahan bantuan kepada ketua TP PKK Kecamatan berupa polibag dan peralatan gotong royong, yang berasal dari sumbangan Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok.

Pada kesempatan yang sama, Desnadefi meminta dukungan dan bantuan dari semua pihak terutama SKPD, camat dan wali nagari, agar kegiatan Bulan Bakti Dasawisma dan BBGRM ini, terlaksana dengan baik dan memberi dampak positif. Desnadefi juga mengingatkan wali nagari, untuk aktif mengajak masyarakat bergotong royong dan memanfaatkan lahan pekarangan rumah, serta kepada semua kelompok dasawisma untuk selalu membudayakan hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar.

Diawal sambutannya, Bupati menyebutkan, kelompok dasawisma ini akan sangat membantu pemerintah beserta jajaran, dalam mengajak masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. “Melalui kegiatan ini mari kita sukseskan himbauan Bapak Gubernur Sumbar, untuk menanam cabe di polibek minimal 10 batang tiap rumah, membersihkan lingkungan secara gotong royong, memanfaatkan lahan perkarangan dengan tanaman-tanaman yang bermanfaat, kemudian membudayakan pola hidup bersih dan sehat dengan 10 indikator  PHBS, serta mengaktifkan posyandu yang merupakan bagian dari program pelayanan dasar di bidang kesehatan”, himbau Bupati disela sambutannya. Selain itu, Bupati juga meminta kepada kelompok dasawisma, untuk rutin melakukan pencatatan, dan penyuluhan pola hidup sehat didalam rumah tangga, karna sebuah perencanaan harus dimulai dari pendataan yang akurat.

Diakhir sambutannya Bupati berharap kepada TP PKK baik ditingkat kabupaten, kecamatan, dan nagari hingga kelompok dasawisma, untuk dapat terus memberikan kontribusinya bagi pemerintah daerah, dalam mensukseskan berbagai program pemerintah, terutama dibidang kesehatan dan kesejahteraan keluarga. (admin)

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment