Ketua KAN Muaro Paneh Periode 2019-2023 resmi Dilantik

By Kabupaten Solok 02 Sep 2019, 16:04:42 WIBAdat & Agama

Ketua KAN Muaro Paneh Periode 2019-2023 resmi Dilantik

Keterangan Gambar : Ketua KAN Muaro Paneh Periode 2019-2023 resmi Dilantik


 

            (Arosuka)-Kominfo. Wakil Gubernur Sumatera Barat H. Nasrul Abit didampingi oleh Wakil Bupati Solok H. Yulfadri Nurdin, SH, secara resmi melantik Ketua KAN Muaro Paneh Periode 2019-2023, di SDN 01 Muaro Paneh, Sabtu (31/08).  Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Solok Jon Firman Pandu, Kabiro Humas Propinsi Sumatera Barat Jasman, Camat Bukit Sundi, Forkompimcam Bukit Sundi, wali nagari se-Kecamatan Bukit Sundi, serta para tokoh masyarakat dan Bundo Kanduang se-Kabupaten Solok.

Yuli Hariadi Malin Panduko dalam laporannya menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengukuhkan Pati Ambalau KAN Muaro Paneh , serta Bundo Kanduang periode 2019-2023.  Kepengurusan yang baru dilantik berjumlah 28 orang. Diakhir laporannya Yuli juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua donatur yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan ini.

Elson Dt Rajo Gamuyang selaku Ketua KAN yang baru dilantik, diawal sambutannya menyampaikan harapannya kepada seluruh kepengurursan yang baru untuk  selalu bekerja sama, khususnya dalam membimbing kemenakan memahami aturan adat, baik dari segi berpakaian, bertingkah laku, serta memahami norma-norma adat yang berlaku di nagari. “Mari kita bangun bersama nagari ini dengan menguatkan peran mamak dalam keluarga dan mengarahkan kemenakan ke arah yang positif”, ungkap Elson diakhir sambutannya.          

“Saya ucapkan selamat kepada angku-angku, niniak mamak pemangku adat Nagari Muaro Paneh, yang baru saja dikukuhkan sebagai Pengurus Kerapatan Adat Nagari untuk lima tahun kedepan, semoga amanah yang diemban ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya”, ungkap Yulfadri mengawali sambutannya. Yulfadri meminta kepada pengurus KAN yang baru, untuk selalu berperan aktif dalam penyelenggaraan pemerintah, baik ditingkat nagari maupun di tingkat kabupaten sendiri, khususnya dalam bidang pelestarian adat. Lebih lanjut Yulfadri menjelaskan Niniak Mamak pemangku adat yang ada dalam kepengurusan KAN, merupakan pemimpin yang didahuluan salangkah ditinggian sarantiang. Yulfadri juga menghimbau kepada pengurus yang baru dilantik, agar mampu menjalin komunikasi dengan seluruh tokoh adat, tokoh agama, serta tokoh masyarakat. Diakhir sambutannya Yulfadri menyampaikan bahwa pemerintah daerah, sangat mendukung semua rencana dan program dari pengurus KAN yang baru, asalkan bersifat positif dan mempu membangun Kabupaten Solok.

“Melalui KAN kita perjelas identitas kita sebagai masyarakat minangkabau yang kental dengan adat dan tetap berpedoman pada agama. KAN Bertekad untuk terus melestarikan adat dan budaya minangkabau, terutama di Sumatera Barat”, ungkap Narul Abit diawal sambutannya. Nasrul juga mengajak KAN, untuk mengenalkan kembali kepada para generasi muda, tentang adat dan budaya, khususnya adat Minangkabau. Nasrul juga meminta kepada niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai dan bundo kanduang, untuk menjaga anak kemenakan serta generasi muda, dari bahaya perilaku menyimpang seperti penggunaan narkotika, pergaulan bebas dan LGBT. Nasrul juga berharap, agar  kepengurusan KAN yang baru, berperan besar dalam membangun nagari melalui musyawarah dan mufakat, serta menjalankan fungsinya sesuai dengan ketentuan adat dalam nagari. (admin)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali
  sangat bagus sekali

Komentar Terakhir

  • oxarenene

    http://mewkid.net/buy-xalanta/ - Buy Amoxicillin <a ...

    View Article
  • Matthewsew

    With thanks, Terrific information. buy lisinopril 20 mg online - ...

    View Article
  • Beverlypen

    Hot snap chat usernames 21 female add LanaShows on snap right now! ...

    View Article
  • ajutuecidtve

    http://mewkid.net/buy-xalanta/ - Amoxicillin 500mg <a ...

    View Article