Launching Program SUBP Mandiri jenjang SD Kecamatan Gunung Talang

By Kabupaten Solok 15 Apr 2019, 10:27:32 WIBPendidikan

Launching Program SUBP Mandiri jenjang SD Kecamatan Gunung Talang

Keterangan Gambar : Launching Program SUBP Mandiri jenjang SD Kecamatan Gunung Talang


(Arosuka)-Kominfo. Bupati Solok H.Gusmal,SE, MM menghadiri Launching Program Sekolah Umum Berbasis Pesantren (SUBP) Mandiri jenjang SD Kecamatan Gunung Talang, di SD N 06 Kota Gadang Guguak, Jumat (05/04). Bupati hadir didampingi oleh  Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Desnadevi Gusmal, SH, Camat Gunung Talang Misran.SPd, Kapolsek Gunung Talang Yasril Mochtar, Danramil Gunung Talang Dyan Mahendra, Kepala SD se-Kecamatan Gunung Talang, para Guru serta murid SD Negeri 06 Koto Gadang Guguak Kecamatan Gunung Talang, serta para tamu undangan.

Dalam laporannya Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Gunung Talang Irnes Jakli,Sy.M.Pd menjelaskan bahwa Kecamatan Gunung Talang mempunyai 42 SD, dan ada 14 SD diantaranya ditunjuk sebagai SD Percontohan Sekolah Umum Berbasis Pesantren. Sebanyak 12 SD berada di Nagari Cupak, 1 SD dari Nagari Jawi-jawi, sedangkan 1 SD lainnya berada di Nagari Talang. Irnes menyebutkan, ada beberapa sekolah yang sudah mengakomodasi program SUBP, namun karna keterbatasan dana dan prasarana pemerintah menyepakati untuk melaksanakan program melalui jalur mandiri. “Program jalur mandiri ini kami sadari juga memerlukan sarana prasarana yang memadai, termasuk juga tenaga guru yang akan mendidik anak-anak kita dalam mendukung program ini, sehingga kami melakukan alternatif-alternatif kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yaitu fikih ibadah dan pendidikan Al-qur’an”, ungkap Irnes lebih lanjut. Pada Setiap SUBP telah dilaksanakan pembelajaran tahfis, sholat zuhur berjamaah, puasa senin kamis, kegiatan muhasabah bersama yang sudah dilaksanakan dihampir semua sekolah di Kecamatan Gunung Talang. Untuk itu Arnes menegaskan, demi tercapainya tujuan sekolah SUBP ini, sangat diperlukan sarana dan prasarana yang memadai, seperti ruangan sholat dan tempat berwudhu yang umumnya masih kurang di setiap sekolah.

Diawal sambutannya Bupati mengapresiasi Korwil dan Camat Gunung Talang yang telah berkarya dan berkreasi menciptakan sebuah gagasan, yang disebut dengan Sekolah Umum Berbasis Pesantren dengan cara mandiri. Bupati menilai, kegiatan ini sangat bagus untuk dilaksanakan, sebagai upaya untuk menanamkan pondasi pendidikan agama sejak dini kepada anak-anak, mulai dari membaca Al-qur’an, sholat berjamah dan kegiatan keagamaan lain, sehingga nantinya bisa menjauhkan anak dari pergaulan yang menyimpang. Bupati menyebutkan bahwa Program SUBP merupakan tanggungjawab bersama, sebagai upaya menciptakan anak-anak yang berakhlak mulia, serta terhindar dari pergaulan bebas, penggunaan narkoba, serta LGBT. Bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah akan berusaha memenuhi sarana dan prasarana yang diperlukan, namun karna keterbatasan anggaran, pemerintah berharap agar masyarakat dan para orangtua murid, juga dapat memberikan dukungan, sehingga kegiatan SUBP ini bisa berjalan dengan baik. Diakhri sambutannya Bupati meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, untuk menyerukan seluruh Korwil Kecamatan di Kabupaten Solok, agar membentuk SUBP mandiri di wilayah Kecamatan masing-masing. (admin)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali
  sangat bagus sekali

Komentar Terakhir

  • oluhafife

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin Online <a ...

    View Article
  • Jasa Perencanaan Arsitektur

    Penanaman modal harus dibarengi dengan rencana kerja yang jelas sehingga bisa cepat ...

    View Article
  • oxubapocem

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin <a ...

    View Article
  • uyuzadfibuxo

    http://theprettyguineapig.com/amoxicillin/ - Amoxicillin Without Prescription <a ...

    View Article