Pembekalan Bagi Anggota Linmas TPS Kabupaten Solok

By Kabupaten Solok 16 Apr 2019, 09:25:17 WIBPolitik

Pembekalan Bagi Anggota Linmas TPS Kabupaten Solok

Keterangan Gambar : Pembekalan Bagi Anggota Linmas TPS Kabupaten Solok


(Arosuka)-Kominfo. Dalam rangka menyambut pesta demokrasi yang jatuh pada 17 April 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten Solok memberikan pembekalan bagi seluruh anggota Linmas TPS se-Kabupaten Solok. Acara pembekalan dibuka secara langsung oleh Bupati Solok H. Gusmal, SE, MM di Lapangan Kampus Ummy Koto Baru Solok. Senin (08/04). Turut hadir Wakapolres Solok Frengki Moneten, S.ik, Ketua KPU Kabupaten Solok Gadis M, Kepala Satuan Polisi dan Pamong Praja Drs.Efriedi.MM, Camat Kubung,Wali Nagari Koto Baru, serta para anggota Linmas TPS se-Kabupaten Solok. Jumlah petugas Linmas TPS yang ada di Kabupaten Solok adalah sebanyak 1016 orang.

Para Anggota Linmas yang mengikuti kegiatan pembekalan

Dalam laporannya Gadis M menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agar para Linmas TPS bisa bekerja dan memahami tugas, serta tanggung jawabnya dalam pelaksanaan pemilu nanti. Gadis menyebutkan tugas Linmas dimulai pada saat pengiriman kotak suara ke tiap-tiap TPS, yaitu pada tanggal 16 april 2019 sampai kotak suara dikembalikan kepada BPK. Pengamanan Kotak Suara yang sudah sampai di TPS termasuk logistik yang ada merupakan tanggung jawab dari Linmas. Lebih lanjut Gadis menyebutkan, pada pemilu kali ini akan ada 5 jenis kotak suara yaitu; kotak warna ungu untuk pemilihan presiden, warna kuning untuk pemilihan DPR RI, warna merah untuk DPD RI, warna biru untuk DPRD propinsi, sedangkan warna hijau untuk DPRD kabupaten/kota. Pada saat pemilihan berlangsung petugas linmas bertugas di pintu masuk dan pintu keluar TPS, tidak boleh masuk dan tidak boleh mendampingi pemilih ke dalam bilik pencoplosan suara. Gadis juga menjelaskan, agar pada saat pemilihan nanti dilarang memakai atribut ke TPS, baik itu atribut partai politik maupun atribut calon, jika nanti ada hal-hal yang tidak bisa ditangani oleh linmas maka nanti akan ada pihak kepolisian yang akan mendampingi.

Frengki Moneten,S.ik diawal sambutannya berharap kepada anggota linmas, untuk menjaga keamanan di setiap TPS, agar Pemilu 2019 bisa berjalan dengan baik. Frengki membinta kepada setiap petugas Linmas TPS, untuk selalu berkoordinasi dengan setiap petugas yang ada di TPS dalam mengamankan kotak suara dan menjaga ketertiban pemilihan sampai pemungutan suara selesai dilaksanakan. “Bekerjalah sungguh-sungguh ,bersikap netral tanpa memihak salah satu calon tertentu,demi kelancaran pemilu kali ini. Apabila nantinya ada kendala yang tidak bisa ditangani, pihak kepolisian siap membantu anggota linmas ,karena disetiap TPS akan ada petugas dari kepolisian yang akan mendampingi”, ungkap Frengki mengakhiri sambutannya.

Arahan oleh Bupati Solok

Pada kesempatan yang sama Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada anggota Linmas TPS Kabupaten Solok, atas dedikasinya dalam menciptakan ketertiban dan ketentraman masyarakat dalam menghadapi Pemilu tahun 2019. Keterlibatan linmas TPS adalah untuk memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga, untuk itu linmas TPS harus mampu meningkatkan kesiapsiaganya, dengan tetap mengedepankan kebersamaan yang humanis,berdedikasi,disiplin dan profesional dalam melaksanakan tugas pengamanan TPS, baik sebelum maupun sesudah pemungutan suara. Peran linmas semakin strategis dengan dimasukkanya urusan memelihara dan menjaga ketertiban masyarakat, khususnya masyarakat nagari ke dalam Peraturan Menteri Nomor 84 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan perlindungan masyarakat. Diakhir sambutannya Bupati menegaskan kepada setiap anggota linmas agar menjunjung tinggi kehormatan anggota linmas TPS, dengan menjadikannya sebagai ladang pengabdian kepada bangsa dan negara. Mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat, demi menciptakan ketentraman dan ketertiban, serta memberikan perlindungan kepada masyarakat, dengan meniingkatkan  rasa humanis dan tetap berdedikasi, disiplin dan profesional dalam bertugas. (admin)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali
  sangat bagus sekali

Komentar Terakhir

  • ovnmoujiximki

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Amoxicillin Online <a ...

    View Article
  • elonujjipic

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Buy Amoxicillin <a ...

    View Article
  • Arianto

    Kapan dibayarkan bpnt november 2019 ...

    View Article
  • edqavexpu

    http://mewkid.net/where-is-xena/ - Buy Amoxicillin Online Without Prescription <a ...

    View Article