Pencanangan GNSTA dan PB-BMR di Kabupaten Solok

By Kabupaten Solok 25 Feb 2019, 10:05:47 WIBPemerintahan

Pencanangan GNSTA dan PB-BMR di Kabupaten Solok

Keterangan Gambar : Pencanangan GNSTA dan PB-BMR di Kabupaten Solok


(Arosuka)-Kominfo. Bupati Solok yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Solok H. Aswirman, SE, MM menghadiri Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsib (GNSTA) dan Gerakan Perpustakaan Bergilir Buku Masuk Rumah (PB-BMR), sekaligus  pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Solok di Ruang Solok Nan Indah Kantor Bupati Solok, Kamis (21/02). Turut mendampingi Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Kepala SKPD dan para Camat di lingkup Pemerintah Kabupaten Solok. Acara pencanagan ini dihadiri langsung oleh Kepala Arsip Nasional Andri, Kepala Perpustakaan Nasional Dr. Ahmad Maskuri, Forkompinda Kabupaten Solok, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Propinsi Sumbar, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Desna Devi Gusmal, SH, dan Kepala Kearsipan dan Perpustakaan se-Sumatera Barat.

            Dalam Laporannya Bakhrizal Bakti, SKM.M.Kes selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa pada tahun 2018, Perpustakaan RI telah menobatkan perpustakaan agari Saok Laweh sebagai perpustakaan umum tingkat desa/nagari terbaik di tingkat Nasional. Namun sistem yang digunakan pada perpustakaan Saok Laweh ini belum dikembangkan secara terencana di Kabupaten Solok. Bakti menyebutkan bahwa Perpustakaan Daerah yang dimiliki Kabupaten Solok untuk saat ini, belum bisa dilakukan penilaian oleh tim akreditasi dari Perpustakaan Nasional RI, dikarenakan ketersediaan sarana-prasarana serta gedung yang belum memenuhi persyaratan. Lebih lanjut Bakti mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membangun komitmen serta menumbuhkembangkan Gerakan Nasional Sadr Tertib Arsip (GNSTA) sebagaimana yang telah diamanatkan dalam PERKA ANRI No. 7 Tahun 2017 tentang Gerakan Nasional Tertib Arsip. Melalui gerakan Perpustakaan Bergilir Buku Masuk Rumah di Kabupaten Solok, diharapkan dapat membangun masyarakat Kabupaten Solok yang berpengetahuan dan sejahtera.

            Diawal sambutannya Dr. Mustari Irawan mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan jajarannya karena telah melaksanakan kegiatan ini. Mustari menyampaikan bahwa, hasil dari pengawasan kearsipan merupakan salah satu komponen dalam penilaian reformasi birokrasi RI No. 30 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah. Mustari menyebutkan bahwa GNSTA ini merupakan langkah awal dalam memulai gerakan yang terpadu dan berkesinambungan. Mustari berharap dengan diadakannya kegiatan ini, dapat menjadi momentum yang sangat berharga baik bagi pemerintah Kabupaten Solok maupun bagi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

            “Dengan mendekatkan buku pada keluarga dan masyarakat akan menjadikan buku sebagai sahabat bermain sahabat dikala kesulitan, sahabat yang mencerahkan dikala gundah gulana, karena isi buku merupakan hasil perenungan intelektual bangsa yang ditulis sesuai keahliannya”, ujar Ahmad Maskur diawal sambutannya. Maskur menyebutkan bahwa perpustakaan mempunyai peran yang sangat penting dalam pendidikan, penelitian, referensi, informasi serta rekreasi. Maskur berharap pencanangan buku bergulir ini di nagari Kabupaten Solok dapat menjadi wahana strategis sebagai sumber ilmu, serta pendukung utama bagi gerakan pembudayaan gemar membaca masyarakat Indonesia, yang nantinya dapat dicontoh oleh daerah lain. Diakhir sambutanyya Ahmad mengajak seluruh tamu yang hadir agar secara bersama-sama mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang cerdas, maju sejahtera, gemar membaca untuk menumbuhkan kreativitas, inovasi dan kemandirian ekonomi.

            Diawal sambutannya Aswirman menyebutkan bahwa dengan tema “Tanpa buku dan membaca mustahil akan terlahir para generasi pemimpin hebat pada masa yang akan datang”, kegiatan ini sesuai dengan prinsip dasar kearsipan dan perpustakaan. Urusan perpustakaan dan kearsipan merupakan dua urusan wajib daerah non pelayanan dasar yang menjadi kewenangan bagi pemerintah daerah kabupaten/kota yang selaras dengan pencapaian visi misi Kabupaten Solok. Aswirman juga menyebutkan bahwa, Pemerintah Daerah telah berhasil melakukan pembinaan perpustakaan di nagari/desa di Kabupaten Solok, Terbukti dengan terpilihnya Nagari Saok Laweh sebagai Perpustakaan Umum Terbaik Nasional. Diakhir sambutannya Aswirman menyebutkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun komitmen penyelenggaraan Gerakan Sadar Nasional Tertib Arsip di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Solok. (admin)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Jejak Pendapat

Bagaimana Pendapat anda tentang pelayanan publik di kabupaten solok?
  Sangat Buruk Sekali
  Kurang
  Cukup
  Baik
  Sangat Baik Sekali
  sangat bagus sekali

Komentar Terakhir

  • MichaelLax

    <a href="http://canadianpharmacyes.com/#">canadi anpharmacyes.com</a> ...

    View Article
  • maqnawaau

    http://mewkid.net/buy-amoxicillin/ - Buy Amoxicillin Online <a ...

    View Article
  • ooyonalil

    http://mewkid.net/buy-amoxicillin/ - Amoxicillin <a ...

    View Article
  • odififexlid

    http://mewkid.net/buy-amoxicillin/ - Amoxicillin 500mg Capsules <a ...

    View Article