Sekda Kabupaten Solok Terima Hibah Barang Dari Balitbang

By Kabupaten Solok 07 Jul 2020, 12:33:20 WIBKerjasama Daerah

Sekda Kabupaten Solok Terima Hibah Barang Dari Balitbang

Keterangan Gambar : Sekda Kabupaten Solok Terima Hibah Barang Dari Balitbang


 

            (Arosuka)-Kominfo. Sekretaris Daerah Kabupaten Solok H. Aswirman, SE, MM, melaksanakan acara serah terima hibah barang persediaan dari Kepala Balitbang Perumahan Wilayah 1 Medan Rusli, ST, MT. Hibah barang tersebut merupakan hasil kerjasama dari Balitbang Perumahan Wilayah 1 Medan yang bekerja sama dengan Kementerian PUPR, untuk Pemda Kabupaten Solok berupa penerapan teknologi air bersih dan sanitasi di Dermaga Danau Singkarak. Turut hadir Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Nasripul Romika, Kepala Barenlitbang Erizal, SE, MM, para Kepala SKPD terkait lainnya. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Kerja Bupati Solok, pada Jumat (03/07).

Diawal sambutannya Rusli menyebutkan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari serah terima pemanfaatan penerapan teknologi pengelolaan air bersih dan sanitasi di Dermaga Danau Singkarak antara Balitbang Perumahan Wilayah 1 Medan dengan Pemda Kabupaten Solok pada tanggal 9 Desember 2019 lalu. Manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini adalah sebagai role model dari teknologi terpadu pengelolaan air minum dan sanitasi, serta meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya yang ada di sekitar Danau Singkarak. “Kami berharap bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaiknya baiknya oleh pemerintah daerah dan dapat membantu pemerintah daerah dalam pengelolaan air bersih dan sanitasi” ujar Rusli diakhir sambutannya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada kementerian PUPR khususnya Balitbang Wilayah 1 Medan, yang telah memfasilitasi program ini untuk Pemerintah Kabupaten Solok”, ujar Aswirman diawal sambutannya. Aswirman menjelaskan bahwa sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Solok telah melakukan kerjasama  dengan Puslitbang PUPR pada tanggal 20 Maret 2019 lalu. Selain itu, Aswirman menilai air minum dan sanitasi merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi keberlangsungan kehidupan, untuk itu diperlukan suatu upaya penanganan program air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakat, mengingat adanya potensi sumber air bersih yang cukup tersedia di Kabupaten Solok

Berdasarkan data RAD AMPL Kabupaten Solok terakhir, cakupan layanan air minum di Kabupaten Solok masih mencapai 75,07%, sedangkan cakupan akses sanitasi yang baik adalah 69,4%. “Kami berharap setelah ini akan ada bantuan lainnya dari dari Kementerian PUPR, melalui Balitbang Perumahan Wilayah 1 Medan untuk penerapan teknologi air bersih dan sanitasi di daerah lainya di Kabupaten Solok, diantaranya Danau Diatas, Danau Bawah dan Danau Talang”, ungkap Aswirman lebih lanjut. Diakhir sambutannya, Aswirman meminta Kepada seluruh SKPD terkait, untuk memberikan kontribusinya dalam implementasi pengelolaan air bersih sesuai dengan tupoksinya masing-masing, agar tujuan dari kegiatan ini dapat terwujud. (admin)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment