Tim Penilai Kompetensi dan Transprasi Dana Desa Tingkat Propinsi  Sambangi Kabupaten Solok

By Kabupaten Solok 20 Nov 2020, 11:57:29 WIBPemerintahan

Tim Penilai Kompetensi dan Transprasi Dana Desa Tingkat Propinsi   Sambangi Kabupaten Solok

Keterangan Gambar : Tim Penilai Kompetensi dan Transprasi Dana Desa Tingkat Propinsi  Sambangi Kabupaten Solok


 

 

            (Arosuka)-Kominfo. Bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Bupati Solok, Asisten Koordinator Bidang Pemerintahan Edisar, SH, M.Hum menyambut baik kedatangan rombongan tim penilai kompetensi dan transparasi dana desa tingkat Propinsi Sumatera Barat yang diketuai oleh Drs. H. Rusdi Lubis, Selasa (17/11). Turut hadir Kepala DPMN  Feris Novel, S.Ip, MM, Kepala Barenlitbang Erizal, SE, MM, Inspektur Daerah Kabupaten Solok Hermantias.

Diawal sambutannya, Edisar menjelaskan bahwa pembangunan suatu daerah dimulai dari nagari, kemajuan dari sebuah nagari akan mencerminkan kemajuan sebuah daerah. Edisar berharap penilaian ini mampu memacu semangat pemerintah Kabupaten Solok dalam terus membina dalam penggunaan dana desa/nagari agar digunakan dengan baik dan maksimal. Adapun kebijakan Pemerintah Kabupaten Solok dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa secara garis besar dapat dijabarkan antara lain; penyusunan regulasi pelaksanaan pemerintahan nagari yang terdiri dari; Peraturan Daerah Kabupaten Solok tentang Nagari, Peraturan Bupati terkait pengelolaan keuangan nagari, Keputusan Bupati dan petunjuk teknis terkait pengelolaan keuangan nagari. Selain itu juga termasuk, Program kegiatan untuk desa dan nagari.

Pada kesempatan yang sama, Drs. H. Rusdi Lubis selaku ketua tim menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun nagari menjadi lebih baik. Rusdi berharap agar dana yang akan diberikan dapat dikelola dengan baik dalam rangka pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Adapun sasaran dari dana desa ini adalah untuk mewujudkan desa/nagari yang mandiri. Khairul juga mengingatkan kepada pemerintah nagari, agar penggunaan dan pengelolaan dana desa/nagari dilakukan secara transparan, agar tidak terjadi penyimpangan dan penyalahgunaan dana yang ada.

Setelah kunjungan,  tim penilai akan melanjutkan kegiatan dengan peninjauan lapangan yakni ke Nagari Sibarambang Kecamatan X Koto Diatas. (admin)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment