Wakil Bupati Solok Bersama Wakil Gubernur resmikan Masjid Baitul Makmur Nagari Paninjauan

By Kabupaten Solok 06 Mar 2020, 11:31:22 WIBAdat & Agama

Wakil Bupati Solok Bersama Wakil Gubernur resmikan Masjid Baitul Makmur Nagari Paninjauan

Keterangan Gambar : Wakil Bupati Solok Bersama Wakil Gubernur resmikan Masjid Baitul Makmur Nagari Paninjauan


 

            (Arosuka)-Kominfo. Mesjid Baitul Makmur yang terletak di Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto Diatas, pada Minggu (23/02) yang lalu, telah diresmikan oleh Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit. Pada peresmian ini, turut hadir Ketua GOW Kabupaten Solok Ny. Dahliar Yulfadri Nurdin, Camat X Koto Diatas Teta Midra, S.STP, Wali Nagari Paninjauan Syamsu Rahim, Forkompimcam X Koto Diatas, Niniak Mamak, Alim Ulama, Bundo Kanduang, BMN, KAN serta masyarakat Nagari Paninjauan.

M. Jilis Dt Rajo Penghulu selaku panitia pelaksana menyampaikan ucapan terimakasih kepada Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Wakil Bupati Solok, atas kehadirannya di Nagari Paninjauan. M. Jilis menjelaskan, pembangunan mesjid ini sudah dimulai sejak tahun 2016, berkat bantuan masyarakat Nagari Paninjauan baik yang berada di kampung maupun yang berada di perantauan, serta dibantu oleh beberapa donatur, seperti Pertamina yang menyumbang sebesar 186 juta rupiah, dan PT Angkasa Pura sebesar 30 juta rupiah. M. Jilis juga menyebutkan bahwa, walaupun telah diresmikan, mesjid ini masih belum memiliki tempat berwudhu yang memadai. Diakhir sambutannya M Jilis juga menyebutkan bahwa pembangunan MDA di samping mesjid juga akan dilaksanakan, yang peletakan batu pertamanya akan dilakukan oleh Wakil Gubernur dan Wakil Bupati Solok.

Pada kesempatan yang sama, Darsel Ilyas menyebutkan,·Masjid Baitul Makmur ini terletak di Jorong Aia Batumbuak Nagari Paninjauan, yang sebelumnya telah dideklarasikan oleh Kanwil Departemen Agama Provinsi Sumatera Barat sebagai jorong yang bernuasa islami.

           Syamsu Rahim sebagai salah seorang tokoh masyarakat Nagari Paninjauan, dalam sambutannya, mewakili masyarakat berharap kepada pemerintah daerah, untuk memberikan bantuan kepada perpustakaan Nagari Paninjauan, seperti pengadaan buku bacaan yang bernuansa islami, serta pengadaan motor operasional untuk petugas pustaka. Selain itu, Syamsu Rahim juga meminta kepada seluruh masyarakat Nagari Paninjauan untuk selalu membantu perawatan Mesjid Baitul Makmur.

Wakil Bupati Solok saat Menyampaikan Sambutannya

“Saya mengapresiasi  wali nagari, beserta masyarakat Nagari Paninjauan yang telah membangun sebuah mesjid yang sangat megah ini. Saya berharap dengan peresmian pemakaian mesjid ini dapat dipergunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan ibadah”, ungkap Yulfadri diawal sambutannya. Lebih lanjut Yulfadri menyebutkan bahwa, Pemerintah daerah sangat mendukung Nagari Paninjauan, khususnya Jorong Aia Batumbuak sebagai jorong yang bernuasa islami. Mengenai pembangunan MDA disamping mesjid dan bantuan untuk perpustakaan nagari, akan ditindak lanjuti dengan berkoordinasi dahulu dengan pihak terkait lainnya. Diakhir sambutannya, Yulfadri menghimbau kepada seluruh masyarakat Nagari Paninjauan, agar ikut mensukseskan program Kabupaten Solok yaitu “magrib mengaji dan subuh berjamaah”.

Pada kesempatan yang sama, Drs. H. Nasrul Abit berharap agar keberadaan Mesjid yang diresmikan ini, dapat meningkatkan ibadah masyarakat Nagari Paninjauan, serta mampu melahirkan para ulama-ulama dan para pemuka agama Sumatera Barat.Saya berharap kepada Wakil Bupati, Wali Nagari dan tokoh masyarakat, agar membentengi generasi muda kita dari pengaruh pergaulan bebas, narkoba dan LGBT, yang saat ini sudah sangat meresahkan di Sumatera Barat”, himbau Nasrul Abit diakhir sambutannya. (admin)

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment