Bupati Solok Hadiri Pengukuhan Gelar Angku Usnadiar Syarif Rajo Panghulu

By Pemerintah Daerah Kabupaten Solok 16 Nov 2021, 08:44:45 WIB Adat & Agama
Bupati Solok Hadiri Pengukuhan Gelar Angku Usnadiar Syarif Rajo Panghulu

(Arosuka)-Kominfo. Bupati Solok Epyardi Asda, M.Mar bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Ny. Emiko Epyardi menghadiri acara pengukuhan gelar Angku Usnadiar Rajo Pangulu di Jorong Batu Bagiriak Nagari Alahan Panjang Kecamatan Lembah Gumanti, Minggu (14/11/21). Kegiatan ini juga dihadiri Camat Lembah Gumanti Zulbakhti, Walinagari Alahan Panjang beserta perangkat nagari, Kepala OPD terkait, niniak mamak, cadiak pandai, bundo kanduang beserta tokoh masyarakat Nagari Alahan Panjang.

           

Baca Lainnya :

Ferisnovel dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati beserta Ibu pada kegiatan pengukuhan urang tuo Nagari Alahan Panjang Angku Datuak Rajo Panghulu, "Aciak Usnadiar Syarif". Pada kesempatan tersebut niniak mamak Alahan Panjang mengatakan gelar yang dilewakan adalah gelar penghulu dari payung Melayu, bukan gelar dari nagari tetapi gelar orang tua dari payung Melayu. Di Nagari Alahan Panjang sendiri memiliki 3 payung, setiap payung memiliki 1 penghulunya, setiap penghulu akan membawahi beberapa suku. Untuk adat yang dipakai adalah adat Luhak Tanah Datar yang artinya tidak ada raja dan pewaris raja di dalam nagari. “Kita himbau kepada masyarakat Kecamatan Lembah Gumanti khususnya Nagari Alahan Panjang, untuk selalu mendoakan Bupati, agar sehat selalu dalam menjalankan program-programnya yang berpihak kepada masyarakat. Kami siap mendukung semua program Bupati,” ajaknya di akhir sambutan.

Sementara itu Angku Usnadiar Syarif Rajo Panghulu mengucapkan terimakasih kepada seluruh anak kemenakan Suku Melayu Panjang dalam malewakan gala Angku Datuak Rajo Panghulu."Sabalumnyo ambo mohon maaf karano ambo yang manjadi urang tuo, cuman tinggi dek panggilan sajo, pado hakikatnyo baumua alum satahun jaguang badarah alum satampuak pinang. Kepada ninik mamak angku angku cadik pandai kasadonyo, apabila salah langkah saya minta diingatkan, talalok tolong dibangunkan," ujarnya. Ia berjanji sebagai urang tuo akan menempatkan segala sesuatu pada tempatnya, menimbang sama berat dan membagi sama banyak.

Bupati Solok Angku Epyardi Asda, M.Mar Dt Sutan Majo Lelo merasa sangat senang dan bangga diundang ke acara malewakan gala ini. Ia mengatakan apabila telah ada kegiatan malewakan gala sesuai adat istiadat Minangkabau, maka seseorang tersebut ditinggikan sarantiang untuk menjadi panutan dalam bermasyarakat. “Kepemimpinan niniak mamak adalah kepemimpinan tradisional, sesuai pola yang telah digariskan adat secara berkesinambungan dalam kaum masing-masing, dalam suku dan nagari. Sesuai dengan fungsinya, maka dalam memilih seorang niniak mamak sudah sewajarnyalah memiliki kriteria umum sebagai seorang pemimpin seperti loyal terhadap jabatan yang dimiliki, berilmu, jujur, adil, berani, tidak cacat moral, dan yang paling utama bertaqwa kepada Allah SWT” papar Bupati. Selain itu seorang niniak mamak haruslah teguh dalam berpendirian, berprinsip dalam bersikap, konsisten dalam bicara, dan bertanggungjawab dalam bertindak. Niniak mamak bertanggung jawab dan berkewajiban mengurusi dan menjalankan seluk beluk adat, memelihara, mengawasi serta menjaga anggota kaum, suku dan nagarinya. Di samping memelihara anak-anaknya sebagai kepala rumah tangga, Ia juga harus membimbing kemenakan, serta menjaga nagari dan adat agar tidak binasa atau punah dengan memperhatikan penerapan adat istiadat yang berlaku.

Lebih jauh Bupati mengingatkan nagari tanpa niniak mamak diibaratkan sebagai nagari yang tidak bertuan. Ia kemudian menghimbau agar niniak mamak mempunyai sikap yang arif dan bijaksana dalam menyikapi kuatnya perkembangan arus budaya luar yang dapat mempengaruhi nilai-nilai etika dan pola pikir masyarakat. Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan tekadnya memajukan Kabupaten Solok, salah satunya melalui sektor pariwisata. “Saya mengundang para investor untuk berinvestasi di Alahan Panjang, bangunlah pabrik untuk menampung hasil panen masyarakat, binalah masyarakat dan insyallah untuk para investor akan saya permudah” ujar Bupati. (admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment