Kembangkan Sektor Pertanian, Bupati Solok Kunjungi Balitbu Tropika Aripan

By Pemerintah Daerah Kabupaten Solok 10 Mei 2021, 11:58:33 WIB Ekonomi Kerakyatan
Kembangkan Sektor Pertanian, Bupati Solok Kunjungi Balitbu Tropika Aripan

Keterangan Gambar : Kembangkan Sektor Pertanian, Bupati Solok Kunjungi Balitbu Tropika Aripan



 

Baca Lainnya :

            (Arosuka)-Kominfo. Bertempat di Auditorium Balibtu Tropika Aripan, kunjungan Bupati Solok H. Epyardi Asda, M.Mar disambut baik oleh Kepala Balitbu Tropika Dr. Ir Ellina Mansyah, MP. Dalam kunjungan kali ini Bupati hadir didampingi oleh Asisten Medison, S.Sos, M.Si,  Kadis pertanian Si Is, SP, Kabag Humas Syofiar Syam, S.Sos, M.Si , berserta seluruh jajaran karyawan dan peneliti di Balitbu Tropika.

Diawal sambutannya, Ellina selaku Kepala Balitbu mengucapkan selamat datang kepada Bupati Solok bersama rombongan. Ellina juga menyebutkan bahwa, sebelumnya Menteri Pertanian juga melakukan kunjugan ke Balitbu Aripan, serta diminta untuk membuat konsep tentang pengembangan buah di Kabupaten Solok. Ellina menyebutkan bahwa saat ini, Balibtu Tropika memiliki peneliti sebanyak 43 orang. Ellina juga menjelaskan tentang  tupoksi Balitbu adalah melaksanakan penelitian dan pengembangan tanaman buah tropika, dengan komoditas prioritas seperti pisang, mangga, manggis, salak, dengan komoditas unggulan adalah durian, pepaya, naga, melon, semangka, alpukat, rambutan dan sirsak. Selanjutnya, Ellina juga menjelaskan konsep pengembangan buah Kabupaten Solok adalah melanjutkan yang sudah ada, seperti perluasan areal, inisiasi industri tepung, pembangunan infrastruktur dan mendekatkan petani dengan pasar untuk kampung pisang di Selayo, kemudian membangkitkan kembali buah markisa Alahan Panjang, membangkitkan kembali Limau Kacang, dan perluasan areal durian di Kecamatan X Koto Singkarak dan Kinari.

Sementara itu, Bupati menyebutkan bahwa tujuan berkunjung kali ini adalah untuk menyelaraskan visi dan misi sewaktu masa kampanye beberapa waktu yang lalu. Bupati sangat mengharapkan kerjasama dengan Balitbu ini dalam rangka pengembangan tanaman buah di Kabupaten Solok. Bupati akan memberikan dukungan penuh kepada para penyuluh pertanian untuk membantu petani agar mampu menjadi petani yang modern dan melek teknologi. Diakhir sambutannya, Bupati berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Solok dan Balitbu Tropika dapat bekerjasama dalam rangka mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Solok. (admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment