Pemerintah Kabupaten Solok gelar Pelatihan UMKM Solok Bangkit bersama Smesco Indonesia

By Pemerintah Daerah Kabupaten Solok 18 Mei 2022, 20:24:26 WIB Ekonomi Kerakyatan
Pemerintah Kabupaten Solok gelar Pelatihan UMKM Solok Bangkit bersama Smesco Indonesia

      Arosuka-Kominfo.  Untuk menyokong pertumbuhan UMKM masyarakat Pemerintah kabupaten Solok  melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan menggelar pelatihan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Solok Bangkit  bersama Smesco Indonesia, di gedung Solok Nan Indah Arosuka, pada Rabu (18/05/22). 

                      

      Acara tersebut di buka secara langsung oleh Capt. H. Epyradi Asda Dt. Sutan Majo Lelo, M.Mar dan diikuti oleh 200 pelaku UMKM, terdiri atas 140 UMKM di bidang Food & Beverage, 41 UMKM di bidang fashion dan 19 UMKM di bidang kerajinan yang ikut Program UMKM Solok Bangkit.

Baca Lainnya :

      Dalam sambutannya Bupati Solok mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan perwujudan dari keinginan Pemerintah dalam rangka memajukan UMKM di Kabupaten Solok.  “UMKM ini merupakan salah satu penopang utama perekonomian Indonesia dan negara-negara lain di dunia. Bahkan pada saat Pandemi Covid-19 kemaren UMKM lah yang menyelamatkan perekonomian kita di Indonesia terkhususnya Kabupaten Solok.  Di kabupaten Solok saat ini banyak sekali Potensi yang dapat kita kembangkan dalam memajukan masyarakat kabupaten Solok salah satunya melalui UMKM”. Ucap Bupati Solok. 

      Dikatakannya lagi bahwa Kabupaten Solok menjadi tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Sumatra Barat yakni mencapai 3% dan dari laporan ombudsman Kabupaten Solok juga telah berhasil keluar dari zona Merah pada pelayanan terhadap masyarakat. “Saya sebagai Bupati Solok siap untuk membantu apa saja yang dibutuhkan nantinya dalam mengembangkan potensi UMKM di Kabupaten Solok demi kebangkitan ekonomi di Kabupaten. Dan ucapan terimakasih Kepada pihak Smesco atas kesediaannya menjalin kerjasama dengan kita di Kabupaten Solok. Jika nantinya pelatihan memberikan manfaat maka kita akan memberikan anggaran khusus untuk membantu mengembangkan kegiatan UMKM di Kabupaten Solok” tuturnya mengakhiri

      Sementara itu Kepala Dinas Koperindag Ahpi Gusta Tusri mengatakan Kegiatan ini merupakan sinergitas antara UMKM Kabupaten Solok dengan Smesco Indonesia, yang diikuti kurang lebih 200 peserta.  Dengan  memberikan 8 jenis pelatihan yang akan dilaksanakan yakni Pelatihan Standarisasi UMKM, Produk, Packaging, Konten Kreatif, Social Media, Pemasaran Online, Finansial Literasi,  Monitoring Pemasaran Online

      Pada Kesempatan yang sama  Direktur Smesco Wientor Rah Mada dalam sambutannya mengatakan bahwa program UMKM Solok bangkit merupakan program pertama kali yang smesco jalankan bersama pihak Kabupaten/Kota di Indonesia. “Jika nantinya kegiatan ini memberikan pengaruh yang besar maka akan dilaksanakan pada Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia. Saya berharap selama pelatihan enam bulan kedepan kita bisa temukan Hasil UMKM yang unik dan khas dari Kabupaten Solok” ujar Wientor. 

      Diakhir kegiatan Bupati Solok perkenalkan Produk Khas UMKM yang ada di Kabupaten Solok kepada direktur Smesco bersama rombongan

      Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyradi Asda, SP, Asisten II Drs. Syahrial, MM, Direktur Bisnis dan Marketing Smesco Indonesia Wientor Rah Mada, Kepala Dinas Koperindag Ahpi Gusta Tusri, SSTP, M.Si,  Kepala OPD, Camat Se-Kabupaten Solok, Peserta Pelatihan UMKM. (Admin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment