Pemukulan Gong Tandai Launching Layanan Mandiri Smart Nagari Cupak Berbasis IT

By Pemerintah Daerah Kabupaten Solok 29 Jul 2021, 21:28:43 WIB E-Government
Pemukulan Gong Tandai Launching Layanan Mandiri Smart Nagari Cupak Berbasis IT

Keterangan Gambar : Launching Layanan Mandiri Smart Nagari Cupak Berbasis IT


(Arosuka)-Kominfo. Bertempat di Pasar Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang, Bupati Solok Epyardi Asda, M.Mar meresmikan peluncuran layanan mandiri smart nagari berbasis IT (Informasi Teknologi), yang merupakan salah satu inovasi dari Pemerintah Nagari Cupak, Kamis (29/07/21).

Fatmi Bahar selaku Wali Nagari Cupak dalam laporannya mengatakan penggunaan aplikasi layanan mandiri smart nagari ini, bertujuan untuk pembangunan nagari berbasis teknologi dan informasi, serta menuju nagari mandiri berbasis digital. Masyarakat Cupak nantinya bisa mengurus dokumen kependudukan secara efektif dan efisien, melalui aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone (android) yang dimiliki. ”Pemikiran ini berawal dari banyaknya surat yang harus ditandatangani dan menyita banyak waktu, sehingga waktu untuk melayani masyarakat menjadi berkurang. Oleh sebab itu kami pemerintah nagari beserta perangkat nagari, membuat inovasi yang memudahkan masyarakat terutama dalam proses dokumen kependudukan” ungkap Fatmi Bahar menambahkan.

Baca Lainnya :

Lebih jauh Ia menyebutkan bahwa visi misi Nagari Cupak juga selaras dengan visi misi Kabupaten Solok, yaitu menjadikan Nagari Cupak menjadi Nagari terbaik di Kabupaten Solok. “Mudah-mudahan aplikasi ini dapat memperlancar kepengurusan dokumen di kantor wali nagari, karena bisa  dilakukan dari rumah, dan berharap masyarakat dapat mendukung program ini. Kami Pemerintah Nagari Cupak siap mendukung semua program dari Pemerintah Kabupaten Solok demi menjadikan Kabupaten Solok menjadi Kabupaten terbaik di Sumbar” ujar Fatmi Bahar mengakhiri sambutan.

“Saya  merasa bangga dan sangat mendukung langkah Walinagari Cupak, yang sangat antusias dalam rangka membangun nagari berbasis digital ini, dimana Nagari Cupak telah meluncurkan program inovasi demi kemudahan kepengurusan dokumen bagi masyarakat Nagari Cupak” ungkap Bupati. Bupati juga mengatakan Pemerintah daerah siap mendukung dan mensupport apa yang dilakukan, dan dibutuhkan oleh Nagari Cupak dalam rangka pengembangan program inovasi berbasis digital ini. Bupati berharap inovasi yang sudah dicetuskan oleh Nagari cupak ini, dapat menjadi contoh serta dapat pula diterapkan di nagari-nagari lain yang ada di Kabupaten Solok.

Pada kesempatan yang sama Bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah telah melakukan MoU dengan Balitbu Tropika dan BPTP. Dengan adanya kerjasama tersebut, seluruh aspek di bidang pertanian akan dibantu. Pemerintah daerah akan mencarikan bibit yang murni dan unggul untuk diberikan kepada Gapoktan yang ada di tiap nagari, langsung di bawah pembinaan Dinas Pertanian. Sehingga kualitas dari hasil pertanian masyarakat Kabupaten Solok menjadi sangat baik.

Bupati meminta kepada Walinagari Cupak untuk mendata kelompok tani yang ada, agar nantinya memudahkan dalam melakukan pembinaan dan memberikan bantuan bibit unggul secara gratis di bawah binaan Dinas Pertanian. Bupati juga menghimbau untuk melupakan pilkada yang telah berlalu, dan meminta kepada masyarakat untuk ikut menyumbangkan pemikirannya melalui Musrenbang. Lebih dari 75 % anggaran Kabupaten Solok akan ditujukan sesuai dengan usulan dari masyarakat yang ada di Nagari se-Kabupaten Solok.

Diakhir acara dilakukan pemukulan gong oleh Bupati Solok yang menandakan resminya penggunaan aplikasi layanan mandiri smart Nagari Cupak. Tampak hadir dalam acara Camat Gunung Talang Ratna Juwita, Wali Nagari se-Kecamatan Gunung Talang, Kepala OPD terkait, dan Forkompimcam Gunung Talang. (admin) 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment