Tindaklanjuti Pembangunan Workshop BLK Pariwisata, Sekjen Kemnaker RI Anwar Sanusi Kunjungi Kabupaten Solok

By Pemerintah Daerah Kabupaten Solok 21 Agu 2021, 10:08:22 WIB Pendidikan
Tindaklanjuti Pembangunan Workshop BLK Pariwisata,  Sekjen Kemnaker RI Anwar Sanusi Kunjungi Kabupaten Solok

(Arosuka)-Kominfo. Bupati Solok Epyardi Asda, M.Mar menerima kunjungan kerja Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI Anwar Sanusi, Ph.D beserta rombongan di Alahan Panjang Resort, Jum'at siang (20/08/21). Kunjungan Dirjen Kemnaker ini merupakan tindaklanjut dari kunjungan kerja Dirjen Bina Pelatihan Advokasi dan Produktivitas Kemnaker RI beberapa waktu yang lalu, terkait rencana pembangunan workshop Balai Latihan Kerja (BLK) Barista/Pariwisata di Kabupaten Solok untuk tahun 2022 mendatang. Tak hanya itu, Anwar Sanusi sekaligus menyampaikan rencana permohonan berbagai usulan program dan kegiatan dari APBN melalui Kementerian Tenaga Kerja RI untuk daerah Kabupaten Solok.


Baca Lainnya :

Tampak hadir dalam rombongan Dirut Bina Instruktur dan Tenaga Pelatihan Syamsi Hari, SE, MM, Kepala Disnakertrans Propinsi Sumbar Nazrizal, Kepala UPT BP2MI Padang Bayu Aryadhi, Asisten Koordinator Bidang Ekbangkesra Medison, S,Sos, M,Si, Kepala Disparbud Nasripul Romika, Kepala Barenlitbang Erizal,SE,MM, Kepala BKD Editiawarman, Kepala DPRKPP Efia Vivi Fortuna, Sekretaris DPMPTSP-Naker Marcos Sophan dan pejabat eselon III terkait.

Dalam petikan wawancaranya, Anwar Sanusi mengatakan sangat senang bisa berkunjung ke Kabupaten Solok, dan diterima dengan sangat baik oleh Bupati Epyardi Asda Ia pun memaparkan kedatangannya ke Kabupaten Solok adalah untuk melihat lahan yang nantinya akan dikembangkan untuk pembangunan worhshop Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten solok, yang juga  akan menjadi pusat pengembangan BLK di wilayah Propinsi Sumatera Barat. “Sesuai amanat dari Bapak Presiden kita, disamping fokus menggiatkan pembangunan infrastruktur selama lima tahun belakangan, tahun ini kita juga harus melakukan peningkatan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Termasuk pembangunan SDM di Kabupaten Solok,” Ujarnya.

Anwar Sanusi meyakini Kabupaten Solok memiliki potensi yang luar biasa, namun potensi ini tidak akan bisa menjadi apa-apa apabila tidak didukung dengan SDM yang handal dan profesional. Ia mengatakan pemerintah pusat akan hadir bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Solok untuk mengembangkan SDM, terutama SDM yang ada di Kabupaten Solok dan Sumatera Barat pada umumnya. Dan berharap proses administrasi terkait rencana pembangunan workshop BLK tersebut dapat segera diselesaikan, baik administrasi di daerah maupun administrasi di pemerintah pusat.

Bupati Solok Epyardi Asda merasa bangga dan sangat senang atas kunjungan yang dilakukan oleh Sekjen Kemnaker RI yang juga merupakan sahabat semasa di Komisi V DPR RI. Bupati menyambut baik rencana pembangunan workshop BLK ini. “Hal ini akan menjadi sebuah mementum bagi kami di Kabupaten Solok untuk mewujudkan impian dimana saya sebagai Bupati ingin menjadikan Kabupaten Solok ini sebagai kabupaten terbaik di Sumatera Barat” ungkap Bupati. Bupati menjelaskan, sebetulnya Kabupaten Solok mempunyai cukup banyak potensi yang belum terkelola dengan baik. Hal ini terjadi karena minim dan terbatasnya anggaran yang dimiliki serta tidak didukung oleh SDM yang berkualitas.

Alhamdulillah hari ini Bapak Sekjen sudah berkomitmen akan membantu kami di Kabupaten Solok, untuk pengembangan sumber daya manusia. Dan saya sebagai Bupati juga berkomitmen kepada beliau apapun syarat-syaratnya, MoUnya, Hibahnya, kalau sudah sesuai dengan aturan yang ada, akan kami siapkan semuanya” tutur Bupati menambahkan. Lebih jauh Bupati berharap mudah-mudahan dengan adanya komitmen kerja sama dengan pemerintah pusat ini, dapat membantu pemerintah daerah, terutama dalam peningkatan SDM, dan kemandirian tenaga kerja, dalam mengatasi permasalahan pengangguran, yang pada gilirannya akan meningkatkan taraf hidup dan tingkat perekonomian khususnya masyarakat di  Kabupaten Solok. Sebelum melepas kepergian rombongan, Bupati menyempatkan mengajak Sekjen Anwar Sanusi beserta rombongan, untuk berkeliling menikmati pesona keindahan alam danau kembar yang ada di Alahan Panjang. (kom/hum)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment